Beranda Berita Lepas 5000 Peserta Jalan Santai Hardiknas, Mendikbud : Saya Lari

Lepas 5000 Peserta Jalan Santai Hardiknas, Mendikbud : Saya Lari

171
0

SahabatGuru–Sekitar 5000 Peserta jalan santai Harmoni Bersama Masyarakat dilepas oleh Mendikbud Muhadjir Effendy di kawasan kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Minggu pagi (28/4/2019). Kegiatan yang merupakan rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 ini berlangsung meriah.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan, salah satunya adalah jalan santai. Tadi saya tidak jalan tetapi lari,” canda Mendikbud Muhadjir Effendy.

Seperti diketahui, pelibatan publik dalam memeriahkan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan tahun ini terus dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Antara lain kegiatan Harmoni Bersama Masyarakat ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Kemendikbud yang telah bekerja keras sehingga terselenggaranya kegiatan ini, dan juga seluruh masyarakat yang hadir memeriahkan acara Harmoni Bersama Masyarakat,” ujar Mendikbud Muhadjir Effendy.

Baca Juga :   Bunda PAUD Sulsel Berharap Anak Wajib Tamat TK
Mendikbud Muhadjir Effendy lari (jogging) pada kegiatan Harmoni Bersama Masyarakat di kawasan Jalan Sudirman, Senayan, Jakarta, Minggu pagi (28/4/2019)

Pelaksanaan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan sebagai rangkaian dari peringatan Hardiknas, kata Mendikbud, sejak tahun lalu diubah pelaksanaannya. Seluruh provinsi secara serempak menyelenggarakan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan, yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud di daerah bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. 

“Masing-masing daerah penyelenggaraan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan yang dikoordinasikan oleh UPT Kemendikbud bekerja sama dengan dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu, kita juga libatkan sebanyak mungkin para pelaku pendidikan,”  kata Mendikbud. 

Hadirnya ribuan orang dalam berbagai acara yang diselenggarakan, seperti jalan sehat bersama keluarga dan masyarakat, hiburan bersama artis ibu kota, dan festival band siswa dengan tema “Saya Anak Anti Korupsi”. Selanjutnya, juga ada tari tradisional yang dibawakan oleh mahasiswa asing peserta program Darmasiswa. Dan yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta dan masyarakat yang hadir dalam acara tersebut yakni pengundian hadiah lawang (doorprize), berhadiahkan puluhan sepeda dan barang berharga lainnya.

Baca Juga :   Saat Mendikbud Dibacakan Pantun oleh Walikota di Gebyar Pendidikan

Mendikbud berharap pelaksanaan Hardiknas tahun ini dapat menjadi refleksi dalam memperkuat peran pendidikan dan mendukung kemajuan kebudayaan Indonesia, sesuai dengan tema Hardiknas tahun ini “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.(dbs/ris)