Beranda Berita Muhammadiyah-YPAN Kerjasama Tingkatkan Kompetensi Guru

Muhammadiyah-YPAN Kerjasama Tingkatkan Kompetensi Guru

146
0

SahabatGuru–Para guru sekolah/madrasah Muhammadiyah akan menjadi peserta program peningkatan mutu pendidikan, iman dan taqwa serta literasi tenaga kependidikan yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Yogyakarta. Selain pelatihan mereka juga akan mengikuti Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri.

“Pembiayaan program ini didukung oleh Lazismu, dana CSR dan sumber-sumber lain yang tidak mengikat,” ujar Prof. Dr. H. Baedhowi, M.Si, Ketua Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah di gedung Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Prof. Dr. H. Baedhowi, M.Si mengatakan hal itu usai menandatangani MoU dengan Ketua Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Saud El Hujjaj. Hadir dalam acara tersebut antara lain Dr H Sungkowo MSi (Wakil Ketua Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah), H Alpha Amirrachman PhD. MPhil (Sekretaris Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah) dan Rizky Andrika SSi (Wakil Bendahara Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah).

Baca Juga :   Dirjen GTK : Guru Menjadi Kunci Penyiapan Generasi Era Industri 4.0

KetuaYayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Saud El Hujjaj mengungkapkan pihaknya telah melatih lebih dari 80.000 guru di 100  Kabupaten di Indonesia. YPAN telah mengembangkan Adiresy Smart Teaching Indonesia yaitu materi pelatihan matematika dan cara mengajar yang dibawakan dengan menyenangkan. Selain itu juga pelatihan Smart English dengan metode Ant System yang membuat belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan.

“Seluruh peserta pelatihan ini datanya kami simpan dalam database. Selain itu YPAN juga mengelola Majalah Sahabat Guru dan media online SahabatGuru.com,” papar Saud Ell Hujajj.

Berdasarkan MoU ini, Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan YPAN sepakat bekerjasama dalam pelaksanaan Program peningkatan mutu pendidikan, iman dan taqwa serta literasi tenaga kependidikan kepada sumber daya manusia atau guru di lingkungan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Jadwal UN 2019 SMP: Mata Pelajaran dan Waktu Pengerjaan

Selain itu juga bekerjasama memberdayakan peran Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah dari tingkat Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) di seluruh Indonesia dalam menjalankan Program peningkatan mutu pendidikan, iman dan taqwa serta literasi tenaga kependidikan.(ris)