Beranda Berita Pengawasan UNBK SMP Akan Diperketat

Pengawasan UNBK SMP Akan Diperketat

225
0
Pengawasan UNBK SMP akan diperketat. Pengaws yang bertugas harus disiplin dan memantau kelas secara ketat selama ujian. (foto: istimewa)

Pengawasan UNBK SMP Akan Diperketat

SahabatGuru – Penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilaksanakan pekan depan akan diperketat pengawasannya. Terkait penyelenggaraan ujian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memperbaiki pengawasan agar kecurangan tidak terjadi.

Untuk pengawasan UN, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Bambang Suryadi mengungkapkan kepala sekolah agar memberikan briefing kepada pengawas terkait pelaksanaan ujian. Dengan demikian pengawas bisa bersikap tegas, termasuk pengawasan agar siswa tidak membawa telepon seluler (ponsel)

“Supaya tidak ada kecurangan, bukan kebocoran ya tapi kecurangan. Pertama antisipasinya dilakukan kepala sekolah dengan memberikan briefing kepada pengawas. Apa yang menjadi tugas-tugas pengawas dalam ujian, termasuk memastikan tidak ada siswa membawa ponsel,” kata Bambang seperti dikutip republika.co.id.

Sebelumnya, pada UNBK SMA/MA awal April 2019 lalu, tersebar foto soal UNBK di media sosial. Tersebarnya foto soal tersebut menandakan ada peserta ujian yang membawa ponsel ke dalam kelas di saat ujian berlangsung.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Minta Jumlah Guru Terampil Ditambah

Meski tidak terjadi kebocoran soal karena masing-masing peserta mendapatkan soal yang berbeda di layar komputer mereka, namun dalam aturan pelaksanaan ujian, peserta dilarang membawa ponsel saat ujian berlangsung. Karena itu, Kemendikbud meminta sekolah memperketat pengawasan.

Selain itu, Kepala Sekolah juga harus menegaskan kepada pengawas untuk memperhatikan dengan teliti peserta yang hadir dengan kartu ujian yang dibawanya. “Jangan sampai terjadi joki. Artinya siswa itu sesuai dengan kartu pesertanya. Pengawas juga jangan duduk saja tetapi berkeliling di dalam kelas,” kata dia.

Dengan demikian, pengawas mengetahui dan memperhatikan situasi yang terjadi selama 120 menit waktu ujian. Beberapa sekolah saat ini juga dilengkapi dengan kamera CCTV. Bambang menjelaskan, adanya CCTV ini dapat memberi kemudahaan dalam menilai kondusivitas di kelas selama ujian berlangsung.

Baca Juga :   Ini Syarat Bagi Guru Honorer yang Ingin Lolos Tes CPNS