Beranda Berita APKASI Didukung Kemendikbud, APKASI Targetkan 3000 Guru Ikuti Program Umrah Character Building

Didukung Kemendikbud, APKASI Targetkan 3000 Guru Ikuti Program Umrah Character Building

235
0

SahabatGuru–Program Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mendapatkan dukungan penuh dari Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud. Ditargetkan 3000 guru akan melaksanakan Umrah Character Building ini pada 2019.

“BPKLN Kemendikbud sangat mendukung program Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri Bagi Guru dan siap memgkomunikasikan ke KBRI negara tujuan,” ujar Hj Himmatul Hasanah, MP, Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan dan Peningkatan Mutu Guru Daerah di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Hj Himmatul Hasanah MP mengungkapkan hal tersebut usai bertemu pihak BPKLN Kemendikbud. Hadir dalam pertemuan tersebut Adi Nuryanto, Bagian Kerja Sama Luar Negeri BPKLN Kemendikbud. Sebelumnya pada 22 Januari 2019, Hj Himmatul Hasanah juga sudah memaparkan program ini kepada Kepala BPKLN Kemendikbud Ibu Suharti.

Baca Juga :   Audiensi dan Sosialisasi, Bupati Sleman Apresiasi Program APKASI-YPAN

“Pertemuan hari ini adalah tindak lanjut dari surat Ketua APKASI kepada Mendikbud dan pertemuan sebelumnya. Program Umrah yang juga untuk peningkatan imtak dan training tata kelola pendidikan ini di harapkan dapat didukung dr semua pihak termasuk dari Kemendagri. APKASI dan BPKLN Kemendikbud berharap Kemendagri bisa memberikan himbauan ke pemerintah provinsi hingga pemerintah daerah TK II agar para pengambil kebijakan mendukung program tsb dengan memgizinkan para guru yang akan mengikuti progran tersebut tanpa harus memotong sertifikasinya saat para guru mengajukan ijin cuti,” papar Hj Himmatul Hasanah.

Pada kesempatan ini Hj Himmatul Hasanah juga mengungkapkan bahwa APKASI berharap melalui program ini para guru akan belajar tentang sistem atau inovasi pembelajaran dr negara-negara lain yang kualitasnya jauh lebih maju dari Indonesia. “Sehingga ke depan akan terjadi peningkatan kompetensi dari para guru,” papar dia.

Baca Juga :   Sosialisasi APKASI-YPAN, Bupati Tanah Laut: Matematika dan Bahasa Inggris Sangat Penting

Program Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri ini ditargetkan bisa diikuti oleh 3000 guru dari seluruh Indonesia. Direncanakan akan ada pola pembiayaan yang memudahkan bagi para guru yang mengikuti program ini. Selain menjalankan ibadah Umrah, para peserta akan mengikuti mengunjungi sekolah sekolah Singapura, Malaysia dan sejumlah negara lain guna mempelajari tata kelola dan manajemen pendidikan.(ris)