Beranda Berita APKASI Dukung Program APKASI-YPAN, Bupati Lombok Timur Siap Angkat Guru Honorer

Dukung Program APKASI-YPAN, Bupati Lombok Timur Siap Angkat Guru Honorer

239
0

SahabatGuru–Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menyambut baik dan mendukung program peningkatan kualitas pendidikan hasil kerjasama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Yogyakarta. Program ini dinilai sangat dibutuhkan.

“Kami mendukung dan menyambut baik program ini karena sangat penting untuk meningkatkan SDM di Lombok Timur. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran tim APKASI-YPAN,” ujar HM Sukiman Azmi, Bupati Lombok Timur di Selong, Kamis (4/4/2019).

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmi mengatakan hal itu saat menerima kunjungan Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan dan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah MP dan Manajer Program YPAN, Tolaal Badru di rumah dinas Bupati Lombok Timur di Selong. Hadir sejumlah pejabat Pemkab Lombok Timur dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga :   Sambut Sosialisasi APKASI, Pemkab Ogan Ilir Siap Genjot Mutu Pendidikan

Menurut Bupati HM Sukiman Azmi, pihaknya kini tengah fokus dalam memperbaiki kualitas SDM di Lombok Timur. Ini sebagai pilihan kebijakan guna menggenjot angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang merosot dalam beberapa tahun belakangan setelah sempat naik tahun-tahun sebelumnya. Diungkapkan dari 10 Kabupaten/Kota di NTB, IPM Lombok Timur di peringkat ke 9.

Selain itu, menurut Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmi, pihaknya juga menaruh perhatian terhadap persoalan guru honorer. Diungkapkan saat ini ada sebanyak 712 guru honorer dengan status KK 2 yang sudah memiliki masa kerja lebih dari lima tahun. Dari jumlah tersebut yang bisa diangkat menjadi guru dengan status Perjanjian Kerja (PK) baru sebanyak 73 orang.

Baca Juga :   Audiensi dan Sosialisasi, Bupati Hj Badingah S. Sos : Program APKASI-YPAN Bantu Kemajuan Gunung Kidul

“Kami sebenarnya sanggup untuk menyelesaikan persoalan guru honorer. Hanya tidak bisa mendadak seperti instruksi pemerintah pusat karena APBD kami sudah disetujui pada Desember tahun lalu. Program kami seluruh guru honorer bisa diselesaikan dan diangkat 2020. Paling cepat penyelesaian guru honorer bisa dilakukan pada Juli 2019 melalui APBD Perubahan,” ujar HM Sukiman Azmi.

Adapun upaya lain untuk menggenjot angka IPM, menurut HM Sukiman Azmi, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur akan segera mengatasi persoalan gizi buruk, pemberantasan buta huruf dbsnya. Selain itu Pemerintah Kabupaten Lombok Timur juga mendukung program APKASI-YPAN yang akan mengembangkan wisata edukasi. Program ini diharapkan bisa mempercepat upaya peningkatan angka IPM.(ris)

Baca Juga :   Sebanyak 700 Guru Halmahera Barat Ikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas Pendidikan YPAN-APKASI