Beranda Berita APKASI Sekda Lombok Utara : Kita Mendukung Program Pelatihan APKASI-YPAN

Sekda Lombok Utara : Kita Mendukung Program Pelatihan APKASI-YPAN

133
0

SahabatGuru–Tegas dan jelas. Begitu penjelasan Sekda Lombok Utara Drs. Suardi MH yang mendukung program Peningkatan Pendidikan dan Mutu Guru Daerah yang dilakukan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Yogyakarta.

“Kita mendukung program APKASI-YPAN untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan para guru di daerah. Karena program-program ini bertujuan meningkatkan kualitas SDM di daerah, termasuk Kabupaten Lombok Utara,” ujar Sekda Pemkab Lombok Utara Drs. Suardi MH, Selasa (2/4/2019) di Tanjung, Lombok Utara.

Sekda Pemkab Lombok Utara Drs. Suardi MH mengatakan hal itu dalam acara Audiensi dan Sosialisasi Peningkatan Pendidikan dan Mutu Guru Daerah, Iman dan Taqwa serta Literasi oleh APKASI-YPAN. Hadir dalam acara ini antara lain Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan dan Peningkatan Mutu Guru Daerah, Manajer Program YPAN Tolaal Badru, para pejabat Pemkab Lombok Utara, para Kepala Sekolah, para Guru serta unsur dunia pendidikan di Lombok Utara.

Baca Juga :   Sosialisasi APKASI-YPAN, Bupati Hulu Sungai Tengah : Guru, Kunci Kualitas Pendidikan

Pada kesempatan tersebut dia juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Lombok Utara akan mendukung dan memanfaatkan sebaik-baiknya program-program APKASI-YPAN. Terlebih lagi Bupati Lombok Utara saat ini sedang mendapat amanah dan kepercayaan sebagai Sekjen APKASI.

“Marilah dengan hadirnya APKASI di Lombok Utara ini kita manfaatkan dengan sebaik baiknya. Jangan sampai kesempatan yang baik ini tidak kita manfaatkan dengan baik. Yang pasti amanah disetiap pundak kita itu untuk dipertanggungjawabkan. Sebab kita itu adalah orang-orang yang sedang menanam, yaitu menanam kebaikan agar panen kita adalah panen kebaikan,” ujar dia.

Sekda Pemkab Lombok Utara Drs. Suardi MH juga mengungkapkan kepada semua jajarannya untuk terus menerus meningkatkan kualitas diri masing-masing. Juga diungkapkan program pelatihan bahasa Inggris di Lombok Utara yang telah dilaksanakan beberapa hari lalu dinilai sangat bermanfaat dalam mendukung SDM dan para guru Kabupaten Lombok Utara.

Pada kesempatan tersebut Staf Ahli APKASI mensosialisasikan hasil pertemuan APKASI Ministrial Forum dengan Menteri Pendidikan & Kebudayaan dan Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB) tentang problematika guru dan Tenaga Pendidikan yang berlangsung pada  7/12/2017 di Jakarta. Selain juga menjelaskan lebih rinci tentang  program peningkatan mutu pendidikan di daerah.

Baca Juga :   Apkasi Dorong Pengembangan Wisata Batas Negara dan Desa Wisata

“Pendidikan sebagai pondasi karakter bangsa merupakan tanggung jawab bersama. Peningkatan Mutu Guru Daerah yang menjadi program APKASI merupakan bentuk tanggung jawab terhadap kualitas dunia pendidikan,” ujar Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, MP.

Diungkapkan peningkatan kompetensi guru, sangat berguna bagi pemerintah daerah. Untuk itu pihak Pemerintah Kabupaten Lombok Utara mendukung sepenuhnya program peningkatan kemampuan atau kompetensi para guru yang dilaksanakan oleh APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Yogyakarta.

“Peningkatan kompetensi guru sangat berguna bagi daerah. Sebab, jika mutu dan kompensasi guru semakin meningkat maka juga akan meningkatkan mutu pendidikan daerah setempat,” papar Himmah.

Baca Juga :   Sambut Sosialisasi APKASI, Pemkab Ogan Ilir Siap Genjot Mutu Pendidikan

Diungkapkan oleh Himmah, bahwa program pendidikan di bidang peningkatan mutu guru yang dilaksanakan oleh APKASI ini telah melatih lebih dari 80.000  tenaga pendidik di 100  kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Pihak Pemerintah Kabupaten menyambut baik program pelatihan ini.

Hj Himmatul Hasanah, MP menambahkan sebagai mintra pemerintah kabupaten seluruh Indonesia APKASI  memiliki misi strategis bagi daerah. Misi ini dituangkan ke dalam tugas pokok dan fungsi APKASI yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, pembangunan berkelanjutan dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Peran guru sangat penting dalam pendidikan dan harus menjadi sosok yang mencerahkan, yang membuka alam dan pikiran serta jiwa, memupuk nilai-nilai kasih sayang,  keteladanan,  prilaku, moralitas, kebhinekaan. Inilah sejatinya pendidikan berkarakter yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya,” papar Himmah.(ris)