Beranda Berita Mendikbud: Kepala Sekolah Boleh Lebih Dari Dua Periode

Mendikbud: Kepala Sekolah Boleh Lebih Dari Dua Periode

76
0
Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan kepala sekolah dan pengawas sekolah bisa menjabat lebih dari dua periode. (foto: humas.bandung.go.id)

SahabatGuru – Kepala sekolah dan pengawas sekolah bisa menjabat sampai lebih dari dua periode bila kinerja dinilainya bagus. Namun pada periode ketiga, mereka harus pindah ke sekolah lain. Artinya kepala sekolah maupun pengawas sekolah akan mengalani rotasi.

“Bila kinerjanya bagus dan meningkat, kepala sekolah maupun pengawas sekolah bisa menjabat lebih dari dua periode. Namun pada periode berikutnya, mereka harus pindah ke sekolah lain,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Bandung, akhir pekan ini.

Mendikbud juga mengungkapkan saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah melakukan proses perubahan peran dan fungsi dari pengawas sekolah dan kepala sekolah.

Ke depan, dua jabatan tersebut akan diterapkan pola karier. Pasalnya mereka yang menduduki jabatan tersebut bakal dituntut lebih visioner dalam menghadapi persaingan global dengan datangnya revolusi industri 4.0.

Baca Juga :   Ada Ribuan Soal Untuk Tes CPNS

“Jadi, guru bila bagus, dia bisa jadi kepala sekolah. Begitu pula bila kepala sekolah punya kinerja bagus dan terus meningkat, dia bisa jadi pengawas. Kemendikbud sedang memaksimalkan pembinaan terhadap tenaga kependidikan,” ujar Muhadjir.

Muhadjir yakin reformasi di sekolah tidak akan terjadi jika kepala sekolah dan pengawas sekolah belum dibenahi. Ia menegaskan, pemerintah daerah dituntut untuk berani menciptakan pemerintahan yang bersih, termasuk dalam pengangkatan kepala sekolah dan pengawas sekolah yang harus berdasarkan kompetensi, bukan karena dipengaruhi kepentingan politik.

“Asumsi saya, sekolah itu tergantung pemimpinnya. Bila pemimpinnya kuat, visioner, memiliki tanggung jawab yang besar, dan betul-betul berkorban untuk (sekolah) yang dia pimpin, Insya Allah sekolah itu akan maju,” ucapnya.

Facebook Comments

Komentar