Beranda ADIRESY Sekitar 200 Guru TK-SD Hulu Sungai Utara Ikuti Workshop Adiresy

Sekitar 200 Guru TK-SD Hulu Sungai Utara Ikuti Workshop Adiresy

84
0

SahabatGuru–Sekitar 200 guru TK dan SD Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan mengikuti pelatihan atau workshop peningkatan kualitas pendidikan di daerah. Workshop Adiresy Smart Teaching Indonesia ini merupakan kerjasama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Yogyakarta.

Pada pelatihan yang berlangsung di Amuntai, Kalimantan Selatan itu para guru yang menjadi peserta pelatihan datang dari berbagai wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Sedang yang membuka pelatihan adalah H Junaidi Gunawan S.Sos, Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan Pemkab Hulu Sungai Utara mewakili unsur Pimpinan Pemkab Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini dengan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara mendapatkan kesempatan dan tempat pelatihan bagi para guru untuk meningkatkan kualitasnya,” ujar H Junaidi Gunawan S. Sos.

Ditambahkan oleh H Junaidi Gunawan peserta pelatihan kali ini memang masih tergolong terbatas. Namun mengingat pentingnya pelatihan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Hulu Sungai Utara, dia mengatakan kegiatan ini bisa dilakukan dalam waktu ke depan guna menampung para guru yang belum bisa mengikuti saat ini.

Baca Juga :   Buka Workshop Adiresy, Bupati Kotabaru : Tantangan Guru Makin Berat

“Pada penyelenggaraan pelatihan memang sempat terbatas yang mendaftar. Namun ke depan akan lebih banyak lagi. Akan dilanjutkan pada kesempatan mendatang,” papar Himmah Junaidi Gunawan.

Kepada para peserta, H Junaidi Gunawan menekankan agar mengikuti pelatihan dengan sebaik mungkin. Dia mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para guru dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

“Diharapkan para bapak-ibu guru nantinya bisa menerapkan materi pelatihan ini kepada para peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah-sekolah nantinya,” papar Himmah Junaidi Gunawan.

Sebagaimana diungkapkan oleh Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, MP program pelatihan peningkatan kualitas pendidikan di daerah merupakan amanat hasil pertemuan APKASI Ministrial Forum dengan Menteri Pendidikan & Kebudayaan dan Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB) tentang problematika guru dan Tenaga Pendidikan yang berlangsung pada  7/12/2017 di Jakarta. Selain juga menjelaskan lebih rinci tentang  program peningkatan mutu pendidikan di daerah.

Baca Juga :   Ikuti Adiresy, Dahroni : Menyenangkan dan Menggembirakan, Luar Biasa!

“Pendidikan sebagai pondasi karakter bangsa merupakan tanggung jawab bersama. Peningkatan Mutu Guru Daerah yang menjadi program APKASI merupakan bentuk tanggung jawab terhadap kualitas dunia pendidikan,” ujar Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, MP.

Diungkapkan peningkatan kompetensi guru, sangat berguna bagi pemerintah daerah. Untuk itu pihak Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara mendukung sepenuhnya program peningkatan kemampuan atau kompetensi para guru yang dilaksanakan oleh APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Yogyakarta.

“Peningkatan kompetensi guru sangat berguna bagi daerah. Sebab, jika mutu dan kompensasi guru semakin meningkat maka juga akan meningkatkan mutu pendidikan daerah setempat,” papar Himmah.

Baca Juga :   Agar Pelajaran Matematika Kian Menyenangkan

Diungkapkan oleh Himmah, bahwa program pendidikan di bidang peningkatan mutu guru yang dilaksanakan oleh APKASI ini telah melatih lebih dari 80.000  tenaga pendidik di 100  kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Pihak Pemerintah Kabupaten menyambut baik program pelatihan ini.

Hj Himmatul Hasanah, MP menambahkan sebagai mintra pemerintah kabupaten seluruh Indonesia APKASI  memiliki misi strategis bagi daerah. Misi ini dituangkan ke dalam tugas pokok dan fungsi APKASI yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, pembangunan berkelanjutan dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Peran guru sangat penting dalam pendidikan dan harus menjadi sosok yang mencerahkan, yang membuka alam dan pikiran serta jiwa, memupuk nilai-nilai kasih sayang,  keteladanan,  prilaku, moralitas, kebhinekaan. Inilah sejatinya pendidikan berkarakter yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya,” papar Himmah.(ris)

Facebook Comments

Komentar