Beranda Berita Penting, SMK harus Berbasis Wirausaha

Penting, SMK harus Berbasis Wirausaha

225
0
Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendy menegaskan bahwa SMK harus berbasis wirausaha. Mendikbud juga menyampaikan pemerintah menargetkan merevitalisasi 2.500 SMK. (foto: istimewa)

SahabatGuru – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus berbasis wirausaha. Dari sekolah kejuruan diharapkan melahirkan lulusan yang termotivasi untuk mengembangkan wirausaha.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menuturkan SMK di Tanah Air bisa menjalankan wirausaha yang baik. Bahkan ada seorang siswa yang belum lulus SMK, namun dirinya sudah mampu meraih pendapatan sampai Rp46 juta dalam satu bulan dengan berwirausaha.

Mendikbud mengungkapkan wirausaha itu harus diciptakan dan menjadi atmosfer. Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini pun menyebutnya sebagai atmosfer kewirausahaan.

“Misalnya kalau di sekolah ada acara, maka anak-anak dilibatkan. Begitu pula ketika pemerintah daerah ada acara, maka harus melibatkan SMK untuk penyediaan makanannya,” kata Mendikbud.

Baca Juga :   Jawa Timur Juara Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP

Mendikbud juga mengatakan bahwa siswa harus berani dalam mengambil risiko seperti berutang. Menurutnya tak masalah bila siswa berutang karena dana tersebut digunakan untuk usaha bukan konsumsi pribadi. Apalagi ada lembaga-lembaga keuangan untuk wirausaha yang memberikan pinjaman pada siswa yang ingin berwirausaha.

Menurut Mendikbud saat ini, pemerintah menargetkan merevitalisasi sebanyak 2.500 SMK. Namun difokuskan ke beberapa sekolah dan hasilnya mengalami perubahan yang signifikan.

“Dananya sekitar Rp1 miliar – Rp10 miliar tergantung prodi dan tingkat kesulitan yang perlu direvitalisasi,” kata dia.