Beranda Berita Program Sekolah Menyenangkan di Tangerang, Mendikbud: Saya Apresiasi

Program Sekolah Menyenangkan di Tangerang, Mendikbud: Saya Apresiasi

240
0
Program Gerakan Sekolah Menyenangkan di Kabupaten Tangerang mendapat apresiasi dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendy. GSM merupakan upaya mengembalikan ajaran Ki Hajar Dewantara. (foto: gerakansekolahmenyenangkan.org)

SahabatGuru – Sekolah adalah taman yang menyenangkan. Tidak ada rasa takut dan cemas bagi anak-anak saat melangkahkan kaki ke pintu gerbang sekolah. Pasalnya, mereka merasakan proses belajar-mengajar di sekolah sangat menyenangkan.

Itulah Program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang digerakkan Pemerintah Kabupaten Tangerang. GSM memang sebuah program yang mengesankan. Pasalnya program itu sesungguhnya merupakan upaya mengembalikan ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu sekolah merupakan taman yang menyenangkan.

Bahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengapresiasi program GSM itu. Menurutnya program itu menjadikan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang sangat peduli terhadap sektor pendidikan. Dengan program GSM ini, pendidikan di Tangerang menjadi lebih menyenangkan,” kata Muhadjir di sela acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan sukseskan program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di Lapangan Upacara Maulana Yudha Negara Kabupaten Tangerang. Sabtu lalu.

Baca Juga :   Dini Hari, Bupati Pandeglang Turun Langsung Ikut Evakuasi Korban Tsunami

Menurutnya, proses pendidikan yang menyenangkan akan membuat murid  bisa lebih kreatif dan aktif. Mereka tak merasakan tekanan saat duduk di bangku sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Hadisa Mahsur menambahkan, GSM ini merupakan akar rumput yang berusaha mengembalikan ajaran Ki Hajar Dewantara. Menurutnya program GSM sudah berjalan sejak Oktober 2018. Di Tangerang, GSM sudah dilaksanakan di 20 SMP dan 50 SD sebagai pilot project.

“Kami terus sosialisasikan GSM di Kabupaten Tangerang. Dengan demikian GSM dapat membawa prestasi belajar bagi anak-anak di Kabupaten Tangerang,” ujarnya.