Beranda Berita Program Indonesia Pintar Tumbuhkan Harapan Siswa

Program Indonesia Pintar Tumbuhkan Harapan Siswa

146
0
Program Indonesia Pintar (PIP) dengan memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) memberi manfaat bagi siswa sekolah dari keluarga kurang mampu. Presiden Joko Widodo saat menyerahkan KIP kepada siswa. (foto: G. Susatyo)

SahabatGuru – Kartu Indonesia Pintar (KIP) dari Program Indonesia Pintar (PIP) sangat membantu siswa yang berasal dari keluarga dengan ekonomi lemah. Dengan adanya KIP, peserta didik mendapat bantuan keuangan yang harus digunakan untuk biaya pendidikan.

Bantuan itu tidak bisa dipergunakan untuk hal konsumerisme tetapi sepenuhnya untuk kepentingan pendidikan. Namun bantuan itu bisa ditabung dan kemudian dimanfaatkan untuk siswa saat meneruskan sekolah ke jenjang lebih tinggi.

Dari penuturan seorang ibu, Ernawati, di Kabupaten Kampar, dirinya sangat terbantu dengan adanya KIP. Pasalnya dia hanya pencuci piring dan suaminya sebagai tukang reparasi sepatu yang tak menentu penghasilannya.

Mereka sempat gamang untuk membiayai keperluan sekolah anaknya. Dengan PIP, ia dan suaminya tak lagi khawatir mengenai pemenuhan kebutuhan belajar Muhammad Fadila Hartanto yang saat ini bersekolah di SDN 15 Bangkinang, Kampar, Pekanbaru.

Baca Juga :   Genjot Mutu SMK, Disdik Aceh Latihan Guru Jadi Asesor

Fadila merupakan salah satu perwakilan siswa yang mendapatkan KIP dari Mendikbud Muhadjir Effendy. Anak satu-satunya itu mendapatkan bantuan dari pemerintah setelah didaftarkan pihak sekolah.

Menurut Ernawati dirinya baru mengetahui kalau dana manfaat dalam KIP dapat berlanjut hingga jenjang pendidikan menengah. Menurutnya, uang yang diterima anaknya nanti akan ditambahkan ke dalam tabungan untuk biaya melanjutkan ke SMP tahun ini.

“Dia sudah tahu bagaimana menabung atau ambil uang di ATM,” kata Ernawati yang berharap anaknya bisa meneruskan cita-cita menjadi anggota TNI.

“Dia sudah kelas 6. Sebentar lagi SMP. Saya inginnya dia bisa sekolah terus. Biar dia, katanya mau jadi anggota TNI,” ungkapnya.

Facebook Comments

Komentar