Beranda Berita Mendikbud Pastikan SMA dan SMK 100 Persen UNBK

Mendikbud Pastikan SMA dan SMK 100 Persen UNBK

70
0
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memastikan ujian nasional untuk jenjang SMA dan SMK 100 persen berbasis komputer. (foto: istimewa)

SahabatGuru – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan ujian nasional untuk jenjang SMA dan SMK 100 persen akan berbasis komputer. Sementara untuk jenjang SMP mencapai 90 persen.

Namun Mendikbud Muhadjir Effendy memastikan pada tahun depan semua jenjang 100 persen menggelar UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Jenjang SMP diharapkan sudah 100 persen menggelar UNBK.

“Tahun lalu baru SMK yang 100 persen, tahun ini SMA juga sudah 100 persen UNBK. Saya kira sisa 10 persen di jenjang SMP yang belum UNBK bisa dipenuhi tahun berikutnya. Termasuk untuk sekolah di daerah terdepan, terluar dan tertinggal,” kata Muhadjir.

Pada UNBK 2018, hanya 16 dari 34 provinsi di Indonesia yang menyelenggarakan 100 persen UNBK untuk jenjang SMA. Provinsi yang sudah menyelenggarakannya, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Lampung, Banten, dan Sulawesi Tengah.

Baca Juga :   Pemerintah Alokasikan Rp4,47 Triliun Untuk BOP PAUD

Dari jumlah tersebut, ada lima provinsi, yakni Maluku (31 persen), Kepulauan Riau (45 persen), Nusa Tenggara Timur (NTT) (50 persen), Papua Barat (50 persen) dan Sumatera Selatan (52 persen) yang pencapaian pelaksanaan UNBK masih rendah. Ketersediaan komputer dan jaringan internet menjadi kendala utama di provinsi tersebut.

“Pelaksanaan UNBK tahun ini meningkat dari tahun lalu,” katanya.

Muhadjir menegaskan, UNBK akan meningkatkan integritas sekolah. Pasalnya, peluang siswa untuk melakukan kecurangan sangat kecil dibandingkan dengan ujian berbasis kertas pensil. Ia berharap, UNBK tahun ini berjalan lancar dengan bantuan dari semua pihak terutama pemerintah daerah.

“Terutama dalam menyediakan ketersediaan listrik. Pemerintah pusat sudah membantu dengan pengadaan komputernya,” kata Muhadjir.

Facebook Comments

Komentar