Beranda Berita Dana Alokasi Khusus Pendidikan Untuk Palembang Capai Rp700 Miliar

Dana Alokasi Khusus Pendidikan Untuk Palembang Capai Rp700 Miliar

236
0
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyerahkan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada Kota Palembang, Sumatera Selatan. (foto: istimewa)

SahabatGuru – Kota Palembang mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan sebesar Rp700 miliar. Namun dana untuk pendidikan di kota itu bakal lebih dari angka tersebut.

Pasalnya DAU yang diserahkan belum termasuk Program Indonesia Pintar (PIP). Ini berarti dana untuk pendidikan di Palembang termasuk tinggi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, menyerahkan bantuan DAK yang diterima Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, Senin lalu. Bantuan diserahkan di sela kegiatan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Kantor Dinas Pendidikan Kota Palembang.

“Saya minta kepada walikota agar digunakan sebaik-baiknya untuk kemajuan dunia pendidikan,” kata Mendikbud seperti dikutip kemdikbud.go.id.

“Ini belum termasuk dana PIP. Melalui pemberian Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk para putra dan putri dari keluarga yang tidak mampu di Kota Palembang. Selain itu masih ditambah dengan bantuan dari pemerintah pusat berupa Unit Sekolah Baru (USB), Ruang Kelas Baru (RKB), maupun alat-alat kesenian tradisional,” ujar Muhadjir lagi.

Baca Juga :   Ada Ribuan Soal Untuk Tes CPNS

Kegiatan Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan bertujuan mendiseminasikan capaian kinerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selama empat tahun terakhir.

“Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan merupakan bentuk pertanggungjawaban pemerintah di bidang pendidikan dan kebudayaan setelah Kabinet Kerja berjalan selama empat tahun ini,” kata Muhadjir.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, mengatakan masyarakat Kota Palembang sangat antusias menghadiri acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan. Gubernur menyampaikan terima kasih kepada Mendikbud karena menghadiri seluruh rangkaian acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan Sumatera Selatan, meliputi Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir dan Kota Palembang.

“Dengan diselenggarakannya Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di tiga daerah yaitu Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kota Palembang, menunjukkan betapa besar perhatian Bapak Menteri terhadap kemajuan pendidikan dan kebudayaan di Sumatera Selatan. Kami pun terus berupaya dan bersinergi untuk memajukan pendidikan, baik di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi,” ujar Herman.

Baca Juga :   Presiden Joko Widodo: Dana di KIP Untuk Pendidikan