Beranda Berita Presiden Joko Widodo: Dana di KIP Untuk Pendidikan

Presiden Joko Widodo: Dana di KIP Untuk Pendidikan

113
0
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 4.000 pelajar dari berbagai jenjang di Gorontalo, Jumat (1/3/2019). (foto: kemdikbud.go.id)

SahabatGuru – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Gorontalo menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 4.000 pelajar dari berbagai jenjang. Presiden berpesan agar dana bantuan pendidikan yang terdapat di dalam KIP digunakan sesuai dengan peruntukannya. Siswa penerima KIP menggunakan dana Program Indonesia Pintar (PIP) untuk hal-hal yang berkaitan dengan keperluan pendidikan.

“Anak-anak (SD) di kartunya ada dana Rp450 ribu. Jadi hati-hati pegang kartunya. Yang SMP sudah tahu ada berapa? Rp750 ribu. Yang SMA/SMK ada berapa dana yang ada di dalam kartu? Rp1 juta.” Disampaikan Presiden Joko Widodo kepada para siswa penerima bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP), di Gedung Olahraga (GOR) David-Tonny, Limboto, Gorontalo, Jumat (1/3/2019).

Baca Juga :   Bahas Nasib Guru Honorer, Begini Kesepakatan DPR dengan Pemerintah

“Hati-hati, anak-anakku semua, dana yang ada di kartu ini hanya digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan,” pesan Presiden seperti disampaikan kemdikbud.go.id.

Kembali, Presiden mengingatkan agar para siswa penerima KIP yang berasal dari keluarga tidak mampu itu dapat giat belajar. “Tugas anak-anak adalah belajar. Jangan ada yang malas-malasan. Harus rajin semuanya,” pesan Presiden.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan Kemendikbud menghadirkan 4.000 penerima beasiswa pendidikan PIP dari Kabupaten Gorontalo.

“Sebanyak 4.000 siswa dilibatkan dalam pencairan dana Kartu Indonesia Pintar. Kami telah mendatangkan bank mitra penyalur yaitu BNI dan BRI,” kata Mendikbud.

Sepanjang tahun 2018, PIP telah membantu lebih dari 129 ribu siswa provinsi Gorontalo, dengan total bantuan senilai lebih dari Rp66 miliar. Di awal tahun 2019 ini Kemendikbud telah mendata 80.502 siswa calon penerima PIP di seluruh provinsi Gorontalo. Dengan nilai bantuan mencapai Rp41,17 miliar. Menurut Mendikbud, jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan adanya usulan penerima KIP baru.

Facebook Comments

Komentar