Beranda APKASI Gandeng Bank Jatim Syariah, Apkasi-YPAN Adakan Program Umrah Character Building Bagi Guru

Gandeng Bank Jatim Syariah, Apkasi-YPAN Adakan Program Umrah Character Building Bagi Guru

149
0

SahabatGuru–Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama mitra kerja utamanya yaitu Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) menggandeng Bank Jatim Syariah dalam rangka pelaksanaan Program Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri. Kerja sama ini akan memudahkan pembiayaan program yang ditujukan khusus bagi para guru.

“Apkasi-YPAN telah membangun kesepakatan kerja sama dengan Bank Jatim Syariah untuk pelaksanaan Program Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri. Ini untuk memudahkan pembiayaan bagi para guru yang mengikuti program ini,” ujar Hj Himmatul Hasanah MP, Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah di Bojonegoro, Jatim, Jumat (1/3/2019).

Baca Juga :   Kadisdik Boyolali: Masa Kini, Perlu Pembelajaran yang Inovatif dan Kreatif

Himmatul Hasanah yang mewakili Apkasi mengatakan hal itu usai mengadakan pertemuan dengan pihak Bank Jatim Syariah di hotel Aston, Bojonegoro, Jatim. Mewakili Bank Jatim Syariah adalah Misbhakul Iman (Pimpinan Cabang Bank Jatim Syariah di Surabaya) dan Rama (Divisi Pemasaran Pembiayaan Cabang Bank Jatim Syariah di Surabaya). Hadir juga ibu Umi Hasanah yang merupakan mitra kerja Apkasi.

Diungkapkan oleh Himmatul Hasanah, bahwa program Umrah Plus yang diselenggarakan oleh Apkasi ini memang khusus ditujukan bagi para guru. Program ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi sekaligus membangun karakter iman dan taqwa bagi para guru yang menjadi perhatian utama Apkasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di daerah.

Baca Juga :   Begini Suasana Audiensi dan Sosialisasi Peningkatan Mutu Pendidikan APKASI-YPAN di Lombok Tengah

“Para bapak-ibu guru yang mengikuti program Umrah Plus Character Building ini nantinya akan mendapatkan kesempatan melakukan kunjungan dan mempelajari langsung sekolah-sekolah di luar negeri. Ini dilakukan sebagai bagian perjalanan menuju Arab Saudi untuk menjalankan Umrah. Namun tanpa ada tambahan biaya,” papar Himmah Hasanah.

Ditambahkan oleh Himmatul Hasanah, sesuai dengan surat Ketua Umum Apkasi kepada Mendikbud, program ini dalam pelaksanaannya akan dikoordinasikan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud dengan Apkasi. Penentuan sekolah-sekolah di luar negeri yang akan menjadi objek kunjungan sepenuhnya atas rekomendasi dari BPKLN Kemendikbud.

“Beberapa sekolah yang sudah direkomendasikan okeh BPKLN Kemendikbud antara lain adalah di Singapura, Malaysia, China, Thailand, Turki dan Arab Saudi,” papar Himmatul Hasanah.

Baca Juga :   Sambut Sosialisasi APKASI, Pemkab Ogan Ilir Siap Genjot Mutu Pendidikan

Selama mengunjungi sekolah di negara-negara tersebut para guru yang menjadi peserta program ini akan mempelajari antara lain tata kelola sekolah, proses pembelajaran, teknologi pendidikan dan lain sebagainya. Selama kunjungan nantinya akan ada tenaga pendamping. Setelah selesai kunjungan ke sekolah di luar negeri peserta langsung menuju Makkah Almukaromah menjalankan ibadah umrah.

“Apkasi sangat berkepentingan bahwa program ini akan meningkatkan iman dan taqwa sekaligus kompetensi para guru di daerah yang juga merupakan tujuan sertifikasi guru,” ujar Himmatul Hasanah.(ris)

Facebook Comments

Komentar