Beranda Berita Industri 4.0, Mendikbud Dorong Millenial SMK Masuk Ekonomi Kreatif

Industri 4.0, Mendikbud Dorong Millenial SMK Masuk Ekonomi Kreatif

209
0

SahabatGuru–Inilah harapan dan dorongan Mendikbud Muhadjir Effendy kepada murid SMK di era millenial dam revolusi industri 4.0. Mendikbud mengajak mereka masuk dan berkontribusi menciptakan produk ekonomi kreatif. Tak hanya berharap menjadi pekerja di pabrik.

“Sebetulnya ada peluang di industri kreatif karena ada industri yang tidak ada tandingannya. Manusia yang haus perbedaan jadi pasar potensial untuk anak muda,” ujar Menteri Muhadjir saat membuka Young Technopreneur Expo 2019, di Jakarta, Jumat (22/2/2019). 

Mendikbud mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan Young Technopreneur Expo 2019 ini. Menurut dia hasil karya yang ditampilkan dalam kegiatan ini merupakan contoh dalam keberanian melakukan eksperimen menjadi pengusaha. 

“Apa yang ditampilkan adalah suri tauladan bahwa yang dicapai harus melewati kegagalan-kegagalan. Ini adalah keberanian melakukan eksprimen untuk menjadi pengusaha,” jelas Muhadjir. 

Baca Juga :   Karangasem, Regrouping Sekolah Saat Terjadi Bencana

Sementara itu Ketua Harian Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Agung Sujatmoko, selaku penyelenggara mengungkapkan kegiatab ini sebagai usaha menciptakan ekosistem berkreasi dan berinovasi bagi siswa SMK. Sehingga, lanjutnya, prestasi yang dipamerkan dapat menjadi energi optimisme bagi anak muda lain. 

“Bagaimana masa depan negeri ini dalam menghadapi era digitalisasi industri 4.0. Kami ingin memotret dinamika yang ada di anak muda dan menciptakan ekosistem yang kondusif bagi anak muda untuk terus berkreasi dan berinovasi,” ujarnya.

Young Technopreneur Expo 2019 baru pertama kali diselenggarakan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 22 hingga 23 Februari 2019, di Jakarta diikuti sebanyak 30-an Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Pulau Jawa. Mereka memamerkan hasil karya kewirausahaan yang dimiliki masing-masing sekolah.

Baca Juga :   Tak Cukup Pendidikan Karakter, BNPB Minta Kebencanaan Masuk Kurikulum

Karya-karya dan bidang wirausaha anak SMK yang dipamerkan, diantaranya, farmasi, tata boga, dan otomotif. Kegiatan yang mengangkat tema Optimisme Indonesia, juga diisi dengan pembekalan kewirausahaan dan penampilan berbagai pentas seni dan musik.(ris/dbs)