Beranda Berita ADIRESY Joyful Learning Yang Smart dan Tidak Membosankan di Kebumen

Joyful Learning Yang Smart dan Tidak Membosankan di Kebumen

420
0
Coach Aji Syafa menyampaikan materi pelatihan guru kreatif dan inovatif untuk guru TK dan PAUD di Kebumen, Selasa (19/2/2019). (foto: G. Susatyo)

SahabatGuru – Pelatihan yang tidak membosankan dan selalu mengundang tawa. Para guru pembimbing Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Usia Dini (PAUD) di Kebumen sangat antusias mengikuti Pelatihan Guru Kreatif dan Inovatif yang diselenggarakan ADIRESY Smart Teaching Indonesia dari Yayasan Adiluhung yang bekerjasama dengan BNI melalui Program BNI Bina Lingkungan. Pelatihan diselenggarakan di Hotel Mexolie, Kebumen, Selasa (19/2/2019).

Pelatihan joyful learning yang dimulai pada pukul 08.00 WIB ini disampaikan oleh coach Aji Syafa. Meski berlangsung hampir sepanjang hari karena baru berakhir pada pukul 17.00 WIB, tidak kurang 400 peserta yang mengikutinya tampak enggan meninggalkan tempat duduk.

Pasalnya Aji menyampaikan materi-materi yang menyegarkan. Guru pun mendapat tambahan pengetahuan bagaimana membimbing anak-anak yang berada di TK maupun PAUD.

Baca Juga :   Awasi Jajanan, BPOM Beri Penghargaan Keamanan Pangan Kantin 32 Sekolah
Guru peserta tampak antusias dan penuh semangat mengikuti pelatihan guru kreatif dan inovatif yang dibawakan coach Aji Syafa di Kebumen, Selasa (19/2/2019). (foto: G. Susatyo)

Bagaimana coach Aji memberikan penjelasan menghadapi anak-anak yang tidak bisa diam. Pasalnya anak-anak memang memiliki kecenderungan untuk bermain sehingga tidak memperhatikan gurunya yang  berdiri di hadapannya.

“Ibu-ibu bisa mengalihkan perhatian anak-anak dengan menyanyi sebelum mengucapkan salam,”kata Aji yang kemudian mengajarkan menyanyi sambil menggerakkan tangan. Saat mengajarkan menyanyi, Aji tak berhenti mengeluarkan joke yang membuat peserta terpingkal-pingkal.

Tidak terasa pelatihan berakhir pada pukul 5 sore.  Menurut guru dari Kelompok  Bermain (KB) Krisna Efata, Gombong, Kebumen, Yenni Indra Hapsari, pelatihan tersebut sangat bermanfaat bagi guru-guru TK dan PAUD. Pasalnya dia diajarkan cara membimbing anak secara kreatif.

“Pelatihannya tidak membosankan. Kami mendapat tambahan ilmu bagaimana membimbing anak-anak secara kreatif dan inovatif,” kata Yenni.

Baca Juga :   Guru di Banjar Harus Tingkatkan Mutu