Beranda Kabupaten Pelatihan Guru di Kebumen Tak Bikin Lelah, Ini Penyebabnya

Pelatihan Guru di Kebumen Tak Bikin Lelah, Ini Penyebabnya

348
0
Coach Andi Suryawan saat menyampaikan materi di pelatihan guru kreatif dan inovatif di Kebumen.(foto: G. Susatyo)

SahabatGuru – Pelatihan guru yang tidak melelahkan dan membuat bosan peserta. Bahkan para guru tampak bersemangat mengikuti pelatihan guru kreatif dan invotif yang diselenggarakan Adiresy Smart Teaching Indonesia dari Yayasan Adiluhung di Kabupaten Kebumen, Senin (18/2/2019). Penyelenggaraan pelatihan yang digelar di Hotel Mexolie ini didukung oleh BNI melalui Program BNI Bina Lingkungan.

Pelatihan tersebut sesungguhnya dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIB dan berakhir pada 17.00 WIB. Disampaikan oleh dua pemberi materi yang berbeda, Andi Suryawan dan Aji Syafa, para peserta tak beranjak dari tempat duduknya.

Salah satu peserta, Tukijo, guru di SDN Lajer,Kecamatan, Ambal, mengungkapkan bila pelatihan tersebut menyemangati dirinya dan peserta lain. Meski duduk mendengarkan materi mulai pagi sampai sore, mereka tidak merasa lelah.

Baca Juga :   Adakan Adiresy, Isteri Bupati Lamongan : Pelatihan Ini Luar Biasa dan Bermanfaat

“Terutama saat kami duduk mulai dari pukul 13.00 WIB sampai 17.00 WIB. Saya sama sekali tidak terasa bisa duduk sampai begitu lama. Kalau sesi pertama yang dimulai pukul 08.00 WIB, kami masih ada istirahat. Tetapi di sesi berikutnya tidak ada istirahat. Meski demikian, kami tak merasa lelah,” ujar Tukijo.

Saking semangatnya, kedua tutor itu, bisa membuat peserta tidak mengantuk. “Kami sungguh terkagum-kagum dengan apa yang disampaikan dua pemberi materi. Saya yang termasuk guru yang sudah tua ini tetap bersemangat mengikutinya. Saya berharap adanya pelatihan menjadikan pendidikan lebih baik lagi,” katanya melanjutkan.

Guru dari SDN 1 Klapasawit, Buluspesantren, Sri Haryati, menyebut pelatihan guru kreatif dan inovatif sebagai acara yang keren. Guru pun mendapatkan tambahan ilmu yang bisa disampaikan dan diaplikasikan di kelas.

Baca Juga :   Sosialisasi Peningkatan Mutu untuk Guru di Tabalong

“Acara ini keren. Sungguh luar biasa. Sepertinya energi positif dari kedua tutor benar-benar tersalurkan sehingga tidak membuat kami lelah,” ujar Sri.

“Tidak terasa saya bisa duduk mengikuti pelatihan dari pukul 08.00 pagi sampai 17.00. kami berharap ilmu yang diterima bisa diaplikasikan di sekolah karena semua ini bertujuan memudahkan anak untuk belajar,” katanya.

Pelatihan guru kreatif dn inovatif diikuti tidak kurang 400 guru SD dan MI. Dari pelatihan itu tenaga pengajar mendapat pengetahuan bagaimana mengajarkan sebuah pelajaran yang menyenangkan. Apalagi, mereka juga mendapatkan rumus-rumus mengerjakan soal matematika dengan cara yang lebih mudah.