Beranda Berita ADIRESY Bupati Kebumen, Pelatihan Kreatif dan Inovatif Tingkatkan Kualitas Guru

Bupati Kebumen, Pelatihan Kreatif dan Inovatif Tingkatkan Kualitas Guru

345
0
Pelatihan guru kreatif dan inovatif di Kebumen diselenggarakan Yayasan Adiluhung bekerjasama dengan BNI melalui Program BNI Bina Lingkungan dan Apkasi. Pelatihan dilaksanakan mulai Senin (18/2/2019). (foto: G. Susatyo)

SahabatGuru – Antusias yang tinggi dari para guru saat mengikuti pelatihan guru kreatif dan inovatif yang digelar di Kebumen. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Hotel Mexolie, Kebumen pada Senin (18/2/2019) sampai Rabu (20/2/2019).

Pada hari pertama, pelatihan diikuti tidak kurang 400 guru dari SD maupun MI se-Kabupaten Kebumen. Pelatihan guru kreatif dan inovatif diselenggarakan Adiresy Smart Teaching Indonesia dari Yayasan Adiluhung yang bekerjasama dengan BNI melalui Program BNI Bina Lingkungan.

Bupati Kebumen Yazid Mahfudz dalam sambutannya yang disampaikan plt Kepala Dinas Pendidikan Sudirman menyambut gembira pelaksanaan pelatihan guru kreatif dan inovatif. Apalagi pelatihan itu didukung sepenuhnya oleh BNI.

“Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya pelatihan guru kreatif dan inovatif ini. Pelatihan ini bisa dilaksanakan dengan adanya kerjasama BNI, Apkasi dan Yayasan Aduluhung. Kami berharap kerjasama ini mendorong dan membangun pendidikan di Kabupaten Kebumen.” Demikian disampaikan bupati dalam sambutannya.

Baca Juga :   Menunggu Investor, Ini Potensi SDA Kaur, Bengkulu yang Menggiurkan
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Sudirman menyampaikan sambutan dari Bupati Yazid Mahfudz yang mengapresiasi pelatihan guru kreatif dan inovatif yang diselenggarakan Yayasan Adiluhung dengan dukungan BNI dan Apkasi di Kebumen, Senin (18/2/2019). (foto: G. Susatyo)

Disampaikan pula, pelatihan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas guru. Pasalnya, guru mendapatkan pelatihan yang kemudian bisa menerapkannya di sekolah dan lingkungan sekitar.

“Pada akhirnya, guru diharapkan menerapkan pendidikan dengan metode smart dan menyenangkan. Pelatihan ini menjadikan guru makin berkualitas. Bila guru berkualitas akan mencetak murid yang berkualitas pula,” ucapnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Sudirman menyampaikan bila pelatihan tersebut akan memberi manfaat besar bagi para guru.

“Kami berterima kasih karena Kabupaten Kebumen menerima bantuan dari BNI, Apkasi dan yayasan Adiluhung untuk pelaksanaan pelatihan guru. Pasalnya, Kebumen merupakan kabupaten termiskin kedua di Jawa Tengah. Jadi, bantuan ini memang sangat berarti,” kata Sudirman.

Baca Juga :   Hari Guru, Anang Minta Perbaikan Nasib Guru Harus Jadi Prioritas
Coach Andi Suryawan saat memberikan materi Matematika Menyenangkan yang membuat para guru sangat antusias menyimak pelatihan guru kreatif dan inovatif di Kebumen, Senin (18/2/2019). (foto: G. Susatyo)

Pelatihan dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB. Meski berlangsung cukup lama, namun peserta tidak merasa jenuh dan antusias mengikuti pelatihan. Apalagi dua sosok pembawa materi, Andi Suryawan dan Aji Syafa bisa menyampaikannya secara menyenangkan.

Para peserta pun selalu dibuat penasaran dengan rumus-rumus matematika dari coach Andi Suryawan yang menyampaikan materi Matematika Menyenangkan. Para guru pun terkejut bercampur penasaran saat coach Andi selalu berhasil menebak tanggal lahir peserta. Dan, Andi kemudian membocorkan rumus kenapa dirinya bisa menebak tanggal lahir guru.

Begitu pula saat coach Aji menyampaikan materi smart teaching. Suasana hangat yang diciptakannya membuat guru betah mendengarkannya. Peserta pun memberikan testimoni bahwa pelatihan itu sangat keren dan membuat mereka betah mengikuti sampai akhir.

Baca Juga :   Antusias, Pelatihan Matematika Menyenangkan di Kebumen