Beranda Berita Sistem ATM Kian Mudahkan Penerima KIP

Sistem ATM Kian Mudahkan Penerima KIP

55
0
Siswa yang menerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kian dimudahkan karena bisa mengambil dana bantuan lewat ATM. Kini, kartu tersebut sudah berfungsi seperti kartu ATM. (foto: sriwijayamedia.com)

SahabatGuru – Siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kian dimudahkan dalam penggunaan dana bantuan untuk pendidikan itu. Pasalnya KIP sudah seperti ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang memungkinkan dana bisa diambil melalui bank, ATM dan agen Laku Pandai yang tersebar di berbagai tempat.

Dengan demikian, KIP sudah tidak lagi sekadar kartu identitas penerima. KIP sudah seperti ATM sehingga bisa digunakan untuk mengambil uang.

Kemudahan bagi penerima KIP menjadikan pencapaiannya sudah hampir 100 persen. Ini berarti anak-anak dari keluarga tidak mampu sudah tidak kesulitan lagi untuk bersekolah. Mereka mendapat bantuan keuangan yang benar-benar bisa dimanfaatkan untuk keperluan pendidikannya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menuturkan KIP sudah hampir mencapai 100% yaitu sebanyak 17,9 juta penerima. Selain pencapaian yang sudah cukup baik, penggunaan KIP juga semakin baik dengan sistem kartu ATM. Saat ini, sudah 80% penggunaan KIP dengan sistem ATM.

Baca Juga :   Minta Pendidikan Kebencanaan dalam Kurikulum, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

“KIP sudah sangat baik karena pencapaian sudah hampir 100 persen. Sekarang sudah 80 persen menggunakan sistem kartu ATM. Dengan ini penerima KIP bisa mengambil tidak sekaligus tapi bertahap. Bahkan siswa SMA dan SMK bisa untuk menabung bila kebetulan mendapat rezeki,” ujar Muhadjir saat hadir dalam soft opening Pameran RNPK 2019, Senin (11/2/2019),

Tak hanya mendapatkan kemudahan tetapi saat penarikan uang pun tidak dipungut biaya apa pun.“Penerima KIP bisa ambil di agen-agen Laku Pandai dan tidak dikenakan biaya,” katanya lagi.

Dengan adanya KIP memang tidak ada cerita orangtua kesulitan menyekolahkan anaknya karena kekurangan biaya. Apalagi layanan untuk KIP kian dimudahkan. Siswa tak perlu lagi antre di teller bank karena bisa mengambil uang lewat ATM.

Baca Juga :   Direktorat WDB, Tutup Tahun dengan Optimisme dan Semangat Baru

“Pengembangan pencairan dana manfaat seperti layaknya ATM sungguh langkah yang patut diapresiasi. Siswa tidak perlu lagi antre di teller bank,” ujar Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Muhammad Irfansyah.

Dilanjutkannya, “Meski demikian, saya berharap bank bisa jemput bola seperti misalnya menyediakan mobil ATM untuk memudahkan siswa menarik uang. Bagi yang berada di daerah terpencil, mereka tak perlu jauh-jauh ke kota lain untuk mengambil uang.”

Komentar