Beranda Berita Guru Honorer Berusia di Atas 35 Tahun Disarankan Daftar PPPK

Guru Honorer Berusia di Atas 35 Tahun Disarankan Daftar PPPK

216
0
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan bila PPDB menjadi solusi pendidikan termasuk pemerataan guru. (foto: G. Susatyo)

SahabatGuru – Guru honorer masih memiliki kesempatan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Mereka bisa mengikuti program Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dibuka pada Februari ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyarankan para guru honorer K2 (Kategori 2)  yang berusia di atas 35 tahun untuk ikut mendaftar PPPK. Apalagi PPPK juga merupakan ASN. Peluang menjadi ASN melalui jalur PPPK lebih terbuka karena tidak ada batasan usia.

“Sekarang Aparatur Sipil Negara ada dua jalur, yaitu PNS dan PPPK. Untuk PPPK pertimbangannya asas keadilan. Dengan banyaknya guru honorer berusia di atas 35, lebih baik mereka mendaftar di PPPK. Untuk jalur itu tidak ada pembatasan usia,” kata Mendikbud di Malang.

Baca Juga :   Guru Honorer Mengadu ke ombudsman Kalsel, Ada Apa?

Pemerintah merencanakan mengurangi guru honorer secara bertahap. Saat ini jumlah guru honorer mencapai 736 ribu. Melalui jalur PPPK, guru honorer akan berkurang dan benar-benar dihapuskan pada tahun 2023.

Mendikbud pun mengimbau agar sekolah tidak lagi mengangkat guru honorer. Bila terus merekrut guru honorer, maka keberadaan mereka tidak akan pernah habis.