Beranda Berita Reni Marlinawati Minta Guru K2 Otomatis Diangkat Jadi PPPK

Reni Marlinawati Minta Guru K2 Otomatis Diangkat Jadi PPPK

353
0

SahabatGuru–Wakil Ketua Komisi X DPR RI Reni Marlinawati mengapresiasi langkah pemerintah memprioritaskan guru honorer K2 diseleksi menjadi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun dia mengingatkan dan minta minta guru K2 tersebut secara otomatis diangkat jadi PPPK.

“Kalau rekomendasi di Komisi X tetap meminta seluruh guru K2 dikurangi yang lolos CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), sisanya harus otomatis diangkat menjadi PPPK,” ujar Reni dalam keterangan tertulis Jumat (18/1/2019).

Menurut Reni, PPPK merupakan apresiasi sekaligus solusi dari pemerintah untuk menyelesaikan persoalan guru honorer K2 yang telah mengabdi puluhan tahun di sekolah. Itu sebabnya mereka tidak perlu lagi dilakukan tes.

“Mereka sudah puluhan tahun mengajar. Tidak ada alasan kemudian mereka dilakukan tes. PPPK ini kan sesungguhnya apresiasi untuk jerih payah mereka yang sudah mengabdi puluhan tahun dalam dunia pendidikan. Komisi X memastikan akan mengawal proses ini,” ujar Reni.

Baca Juga :   Dioptimalkan, Penggunaan Anggaran Fungsi Pendidikan

Sebagaimana diberitakan, pemerintah akan melakukan rekrutmen PPPK pada akhir Januari 2019. Nantinya PPPK akan mendapatkan hak dan fasilitas yang sama dengan PNS terkecuali uang pensiun.

Pengangkatan PPPK ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Penyelesaian guru K2 juga sudah dibahas Kemendikbud dengan Komisi X DPR RI beberapa waktu lalu.(ris)