Beranda APKASI Sosialisasi APKASI-YPAN, Bupati Hulu Sungai Selatan: Insya Allah Meningkatkan Mutu Pendidikan

Sosialisasi APKASI-YPAN, Bupati Hulu Sungai Selatan: Insya Allah Meningkatkan Mutu Pendidikan

109
0

SahabatGuru–Ada harapan besar Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M. Ap. saat acara Sosialisasi dan Audiensi APKASI-YPAN tentang Peningkatan Mutu Guru Daerah. Dia berharap kegiatan ini akan mampu meningkatkan kualitas guru dan pendidikan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

“Saya menyambut baik agenda audiensi dan sosialisasi ini insyaallah acara ini dapat meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten ini yang pada gilirannya akan meningkatkan kemampuan siswa dalam berkompetisi,” ujar dia dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Pemkab Hulu Sungai Selatan Drs H. Hubriansyah, M. AP di Sanggar Pramuka Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Rabu (16/1/2019).

Hadir dalam pertemuan tersebut Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, Manajer Program YPAN Tolaal Badru. Selain itu hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Hulu Sungai Selatan Noordiansyah, S.Sos., M.Si, para Kepala Sekolah, Guru dan pemangku kepentingan dunia pendidikan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Baca Juga :   Genjot Kompetensi Guru, Pemkab OKU Minta Pelatihan Matematika

Diungkapkan, salah satu misi Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan bidang pendidikan dan kebutuhan dasar lainnya. Sehingga sektor pendidikan merupakan prioritas pembangunan yang menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

“Semua ini membutuhkan peran aktif guru dan semua insan pendidikan. Kami berharap segenap tenaga pendidik dapat berkolaborasi dengan baik sehingga dapat mewujudkan visi Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang cerdas, inovatif, teknologi, dan agamis,” papar dia.

Pada kegiatan tersebut Staf Ahli APKASI mensosialisasikan hasil pertemuan APKASI Ministrial Forum dengan Menteri Pendidikan & Kebudayaan dan Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB) tentang problematika guru dan Tenaga Pendidikan yang berlangsung pada  7/12/2017 di Jakarta. Selain juga menjelaskan lebih rinci tentang  program peningkatan mutu pendidikan di daerah.

Baca Juga :   Sosialisasi APKASI-YPAN, Bupati Hulu Sungai Tengah : Guru, Kunci Kualitas Pendidikan

“Pendidikan sebagai pondasi karakter bangsa merupakan tanggung jawab bersama. Peningkatan Mutu Guru Daerah yang menjadi program APKASI merupakan bentuk tanggung jawab terhadap kualitas dunia pendidikan,” ujar Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, MP.

Diungkapkan peningkatan kompetensi guru, sangat berguna bagi pemerintah daerah. Untuk itu pihak Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan mendukung sepenuhnya program peningkatan kemampuan atau kompetensi para guru yang dilaksanakan oleh APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Yogyakarta.

“Peningkatan kompetensi guru sangat berguna bagi daerah. Sebab, jika mutu dan kompensasi guru semakin meningkat maka juga akan meningkatkan mutu pendidikan daerah setempat,” papar Himmah.

Baca Juga :   Kadisdik Boyolali: Masa Kini, Perlu Pembelajaran yang Inovatif dan Kreatif

Diungkapkan oleh Himmah, bahwa program pendidikan di bidang peningkatan mutu guru yang dilaksanakan oleh APKASI ini telah melatih lebih dari 80.000  tenaga pendidik di 100  kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Pihak Pemerintah Kabupaten menyambut baik program pelatihan ini.

Hj Himmatul Hasanah, MP menambahkan sebagai mintra pemerintah kabupaten seluruh Indonesia APKASI  memiliki misi strategis bagi daerah. Misi ini dituangkan ke dalam tugas pokok dan fungsi APKASI yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, pembangunan berkelanjutan dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Peran guru sangat penting dalam pendidikan dan harus menjadi sosok yang mencerahkan, yang membuka alam dan pikiran serta jiwa, memupuk nilai-nilai kasih sayang,  keteladanan,  prilaku, moralitas, kebhinekaan. Inilah sejatinya pendidikan berkarakter yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya,” papar Himmah.(ris)

Komentar