Beranda Berita SMK Al-Falah Tasikmalaya Resmi Menjadi Grade A dari TBSM Yamaha

SMK Al-Falah Tasikmalaya Resmi Menjadi Grade A dari TBSM Yamaha

68
0

SahabatGuru–Mantap. Jurusan Otomotif SMK Al-Falah Tasikmalaya diresmikan menjadi kelas khusus tentang Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) grade A dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Peresmian dilakukan lokasi SMK Al-Falah di Desa Cibalanarik Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya, Jalan KH Ahmad Faqih Kebon Kalapa, Kamis (13/12/2018).

“Dengan pelatihan menggunakan standarisasi Yamaha Technical Academy (YTA) level bronze yang dilaksanakan di kelas khusus ini, tentu saja diharapkan menghasilkan output yang siap kerja dan handal,” kata M. Abidin, General Manager (GM) After Sales dan Motor Sports PT YIMM.

Diungkapkan oleh M. Abidin, dengan diresmikannya kelas khusus TBSM dengan grade A ini diharapkan mampu mencetak lulusan terbaik di SMK-Alfalah yang siap kerja.

Baca Juga :   Menteri KLH: Sekolah Sangat Peduli Lingkungan Hidup

Ditambahkan, selain meresmikan kelas khusus Yamaha, pihaknya juga memberikan pelatihan. Pelatihan diberikan baik kepada guru maupun siswanya, sesuai dengan kurikulum baru berdasarkan standar kerja kompetensi nasional Indonesia.

“Kurikulum ini ke depan akan dinasionalkan. Artinya kurkulum ini nantinya bukan milik SMK Al-falah atau sekolah binaan Yamaha saja. Kami sudah sepakat dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Perindustrian agar kurikulum ini dinasionalkan,” ujarnya.

Bagi Yamaha sendiri, kata dia, melalui kerjasama dengan melakukan binaan terhadap SMK ini adalah, menciptakan entrepreneurship. meskipun tidak menutup kemungkinan sebagian lulusan ini bisa menjadi SDM yang bekerja di jaringan Yamaha.

“Sebanyak 718 SMK se-Indonesia sudah menjadi binaan Yamaha dan 49 SMK di antaranya sudah masuk grade A. Untuk Jawa Barat ada 5 SMK termasuk SMK Al-Falah ini,” ungkapnya.

Baca Juga :   Turun, Disdik Kota Bandung Siapkan PPDB 70 Persen Berbasis Zonasi

Lebih lanjut ia menjelaskan, seiring dengan anjuran pemerintah bahwa industri diwajibkan bekerja sama dengan SMK, sejak tahun 2003, Yamaha sudah berperan aktif dengan melakukan kerjasama itu. Alhasil Yamaha telah mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud dan Menko Perekonomian RI.

Yamaha juga, memberikan donasi kepada SMK binaan. Untuk grade C diberikan bantuan mesin, grade B diberikan unit motor Yamaha. Dan untuk SMK Al-Falah yang grade nya A, diberikan fasilitas laboratorium dengan standar Yamaha Training Center.(ris/dbs)

Komentar