Beranda Berita Menggembirakan, Angka Putus Sekolah Dasar Alami Penurunan

Menggembirakan, Angka Putus Sekolah Dasar Alami Penurunan

315
0
Angka anak putus sekolah pada jenjangan pendidikan dasar terus menurun. Selama dua tahun terakhir, angka penurunan tersebut mencapai lebih dari separuh. Tampak anak-anak SD sedang mengikuti upacara bendera di sekolahnya. (foto: G. Susatyo)

SahabatGuru – Kabar menggembirakan. Jumlah anak putus sekolah pada jenjang pendidikan dasar terus menurun. Bila di tahun 2016, anak yang hanya menyelesaikan pendidikan SD sebanyak 60.066 siswa. Kini dalam tempo dua tahun, lebih dari separuh jumlah itu sudah berkurang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat, sepanjang 2018 jumlah anak putus sekolah sebanyak 32.127 siswa, atau berkurang 27.939 siswa dibandingkan dua tahun sebelumnya. Catatan itu sekaligus menunjukkan adanya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan IPM meningkat dari 68,9 menjadi 70,81. Harapan lama sekolah di semua jenjang pun meningkat. Ini bisa terjadi karena kesenjangan penyediaan akses pada layanan pendidikan antarwilayah juga menurun.

Baca Juga :   Genjot Profesionalitas, Pemkab Serang Berikan Insentif Pada Guru Honorer

Setelah angka putus sekolah mengalami penurunan, kini anggaran pada tahun 2019 akan difokuskan pada perluasan akses masyarakat terhadap pendidikan. Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad menuturkan perluasan akses pendidikan di antaranya dengan terus menggenjot penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

Ia menjelaskan, penambahan jumlah siswa penerima PIP terjadi karena jumlah siswa yang mendapatkan bantuan satu semester lebih banyak daripada yang mendapatkan bantuan selama dua semester.

“Siswa yang segera lulus dan siswa yang baru saja masuk ke tingkat lebih tinggi, baik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK),” ujarnya.