Beranda Berita Politeknik PU, Pabrik Tenaga Terampil Bidang Konstruksi Besutan KPUPR-UNDIP

Politeknik PU, Pabrik Tenaga Terampil Bidang Konstruksi Besutan KPUPR-UNDIP

248
0

SahabatGuru–Kebutuhan tenaga terampil siap pakai bidang konstruksi ditanam air terus meningkat. Peluang inilah yang ditangkap Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) yang menggandeng Universitas Diponegoro (Undip) membesut atau mendirikan Politeknik PU yang mulai beroperasi 2019 atau bulan depan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan lulusan Politeknik PU ini nantinya diharapkan menjadi tenaga konstruksi yang siap pakai, baik untuk Kementerian PUPR maupun bagi penyedia jasa konstruksi di Indonesia. Menurut dia kebutuhannya cukup banyak.

“Output-nya nanti mereka ini tidak hanya untuk PU, tapi juga untuk penyedia jasa. Penyedia jasa itu melakukan ijon, mereka bayar orang lalu disertifikasi terus mereka ambil jadi tenaga kerja mereka. Jadi kebutuhannya banyak sekali,” ujarnya saat penyerahan izin prinsip Politeknik PUPR dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kepada Kementerian PUPR di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Baca Juga :   Bikin Pusing, Surat Keterangan Tidak Mampu Akan Dihapus

Saat ini industri konstruksi masih membutuhkan banyak tenaga kerja konstruksi. Berdasarkan data Direktorat Jenderal Bina Konstruksi setiap kenaikan dana infrastruktur sebesar Rp1 triliun dibutuhkan 14.000 tenaga konstruksi. 

Di samping itu, data BPS tahun 2017 menggambarkan bahwa lulusan SMA masih mendominasi tenaga kerja tak terampil (unskilled labour) di Indonesia. Sebanyak 74 persen tenaga konstruksi merupakan pekerja tukang atau pembantu tukang. 

Dengan kondisi tersebut, peningkatan kapasitas tenaga kerja konstruksi dari unskilled labour menjadi tenaga kerja konstruksi yang terampil, mendesak untuk dilakukan.

Sebagai tindak lanjut Kementerian PUPR mengusulkan pendirian Politeknik PU yang  tahap awal terdiri tiga program studi, diantaranya Teknologi Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung, dan Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan.

Baca Juga :   Pemkab Sergai dan APKASI Gelar Peningkatan Mutu Pendidikan

Lulusan politeknik ini diharapkan mempunyai kemampuan dalam pelaksanaan, pengawasan, dan pemeliharaan konstruksi bangunan air, konstruksi bangunan gedung,   konstruksi jalan dan  jembatan, serta pengoperasian peralatan dan teknologi konstruksi.(ris/ant)