Beranda Berita Minta Pendidikan Kebencanaan dalam Kurikulum, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

Minta Pendidikan Kebencanaan dalam Kurikulum, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

174
0

SahabatGuru–Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta pendidikan kebencanaan masuk dalam kurikulum pendidikan. Tujuannya, agar masyarakat mendapatkan pengetahuan sejak dini terkait kebencanaan sehingga dapat meminimalisir jumlah korban.

“Melihat potensi bencana di Tanah Air dan banyaknya korban yang ditimbulkannya, saya memandang perlu untuk memasukkan pendidikan kebencanaan dalam kurikulum pendidikan,” ujar Presiden Jokowi saat berada di Pantai Mutiara, Carita, Pandeglang, Banten, Senin (24/12/2018).

Presiden mengatakan hal itu saat meninjau langsung kondisi kawasan pantai di bibir Selat Sunda yang tersapu Tsunami pada Sabtu malam (22/12/2018). Saat peninjauan Presiden didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mensos Gumiwang Kartasasmita, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan para pejabat lainnya.

Baca Juga :   Sistem Zonasi Paksa Pemda Ratakan Mutu Pendidikan

Setelah melihat langsung sejumlah lokasi yang tersapu gelombang Tsunami sekitar 3 meter itu Presiden Jokowi mengatakan dahsyatnya kerusakan yang terjadi. Tak hanya itu Tsunami juga merenggut ratusan korban jiwa yang kebanyakan wisatawan lokal yang sedang menghabiskan liburan panjang.

“Pantai Mutiara Carita di Pandeglang yang luluh-lantak diterjang tsunami Sabtu malam lalu. Sampai pagi ini, tercatat setidaknya 281 orang meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang, dan lebih dari 10.000 orang mengungsi ke lokasi yang lebih aman,” papar Presiden Jokowi.

Selain mengunjungi lokasi musibah Tsunami, Presiden dan rombongan juga meninjau lokasi pengungsian dan sejumlah rumah sakit. Baik rumah sakit daerah Pandeglang maupun rumah sakit darurat yang di bangun TNI dan relawan. Usai kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan kembali ke Bogor.(ris)

Baca Juga :   APKASI Didukung PT. Telkom Gelar Workshop Sistem Pengadaan Sekolah