Beranda Berita Simulasi Lancar, DIY Siap Laksanakan UNBK 2019

Simulasi Lancar, DIY Siap Laksanakan UNBK 2019

514
0
Siswa SMA saat mengikuti simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dinas Pendidikan dan Olahraga DI Yogyakarta memastikan semua sekolah di daerahnya sudah siap melaksanakan UNBK 2019. (foto: tirto.id)

SahabatGuru – Semua SMA dan SMK di DI Yogyakarta sudah siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019. Hal ini didasarkan dari hasil simulasi UNBK tingkat  SMA/SMK se DIY yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) DIY pun sudah melakukan evaluasi dari simulasi tersebut. Menurut Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji pihaknya tidak menemui persoalan yang bisa menjadi kendala pelaksanaan UNBK.

“Dari evaluasi yang dilakukan, tidak ada permasalahan yang terjadi. UNBK 2019 tetap bisa dilaksanakan di seluruh sekolah. Apalagi, UNBK memang sudah diterapkan di DIY,” kata Baskara Aji.

Kepala Disdikpora menuturkan sistem UNBK sudah 100 persen diterapkan di sekolah. Menurutnya sejak tiga tahun terakhir, semua SMA/SMK sudah menerapkan UNBK. Sekolah pun tidak menghadapi kendala yang mengganggu ujian siswa.

Baca Juga :   Mendikbud Pastikan SMA dan SMK 100 Persen UNBK

Meski demikian pihaknya tetap perlu menggelar simulasi. Pasalnya simulasi ini untuk mengantisipasi kemungkinan yang dapat terjadi saat pelaksanaan UNBK 2019.

“Jadi pada saat pelaksanaannya, kami berharap sudah tidak ada lagi masalah. Terutama kaitannya dengan mengunduh soal, validasi soal, atau bagaimana token itu bisa diterima, kemudian dimasukkan itu segera, dan cepat dilaksanakan,” ujar Kepala Disdikpora.

Menurutnya kendala dalam listrik mati atau koneksi internet yang tidak bisa tersambung juga dapat diantisipasi dengan adanya simulasi. Termasuk komputer yang mungkin mengalami masalah saat pelaksanaan UBNK.

“Ini yang harus disimulasikan. Sebetulnya simulasi UNBK itu untuk mencoba aktivitas-aktivitas baru yang kita lakukan,” katanya lagi.