Beranda Berita Usulkan Test Khusus, DPR Berharap Semua Guru Honorer Lolos Jadi PPPK

Usulkan Test Khusus, DPR Berharap Semua Guru Honorer Lolos Jadi PPPK

253
0

SahabatGuru–Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengusulkan ujian atau tes khusus bagi guru honorer (THK-II) untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau setara PNS. Dia juga berharap semua guru honorer akhirnya bisa diangkat menjadi PPPK.

“Itu yang jadi standing point kami (semua guru honorer bisa menjadi PPPK-Red),” ujar Hetifah Sjaifudian kepada SahabatGuru di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Seperti diketahui seleksi PPPK bagi sekitar 150.669 guru THK-II memang disebutkan ‘proses seleksi khusus dengan tetap dilakukan pengawasan secara ketat’. Ini adalah hasil kesepakatan Rapat Kerja Gabungan antara Komisi X DPR RI dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Setiawan Wangsaatmadja (Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Suhajar Diantoro (Staf Ahli Menteri Bidang Pemerintah Kemendagri) dan Didik Kusnaini (Direktur Harmonisasi Peraturan Penganggaran Kementerian Keuangan), Rabu (12/12/2018).

Baca Juga :   Mendikbud: Selesaikan Kasus Perundungan Siswa di Pontianak

Selain itu rapat gabungan juga menegaskan bahwa proses perekrutan guru honorer menjadi PPPK tidak boleh menabrak UU. Oleh sebab itu bagi guru honorer yang belum memiliki ijazah S1, bisa dipastikan belum bisa mengikuti seleksi yang dijadwalkan paling lambat Maret 2018.

Dalam rapat tersebut Setiawan menjelaskan proses seleksi PPPK juga dilakukan satu kali. Selanjutnya guru yang berstatus PPPK akan diawasi melalui penilaian kinerja setiap tahunnya seperti PNS.

“Seperti PNS yang dievaluasi kinerjanya setiap tahun. Katakanlah (kontrak) 1 kali untuk 10 tahun, atau bisa lebih tergantung jenis jabatannya. Tapi yang jelas tidak seleksi setiap tahun,” papar Setiawan.

Dia menegaskan, guru PPPK juga sama dengan PNS. Jika kinerjanya buruk tetap bisa diberhentikan. Oleh karena itu diharapkan guru PPPK bisa bekerja dengan baik.

Baca Juga :   Hardiknas 2019, Pentingnya Pendidikan Karakter dan Keterampilan

Dari sisi kesejahteraan, guru PPPK juga akan mendapatkan hak seperti jaminan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kesehatan dan perlindungan. Untuk gaji akan disamakan dengan PNS atau sesuai UMR, namun tidak mendapatkan uang pensiun.(ris/dbs)