Beranda Berita APKASI Apresiasi Sosialisasi APKASI-YPAN, Wabup Kaur : Pendidikan Menentukan Kualitas SDM

Apresiasi Sosialisasi APKASI-YPAN, Wabup Kaur : Pendidikan Menentukan Kualitas SDM

322
0

SahabatGuru–Wakil Bupati Kaur Hj Sulis Suti Sutri menyambut baik dan mengapresiasi program Peningkatan Mutu Guru Daerah oleh APKASI-YPAN. Menurut dia, program ini akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan secara langsung akan menaikkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang selanjutnya menentukan kemajuan daerah.

“Kemajuan daerah di tentukan dengan kemajuan SDM. Sedang kualitas SDM hanya bisa dilakukan melaui pendiikan. Maka kami mengapresiasi terhadap langkah APKASI-YPAN ini,” ujar Wakil Bupati Kaur Hj Sulis Suti Sutri di Bintuhan, Bengkulu, Selasa (18/12/2018).

Wakil Bupati Kaur Hj Sulis Suti Sutri mengatakan hal itu saat menerima Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, MP dalam rangka Audiensi dan Sosialisasi Peningkatan Mutu Guru Daerah oleh APKASI. Hadir pada pertemuan tersebut sejumlah Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Kaur Three Marnope, Kepala Sekolah, guru serta elemen dunia pendidikan di Kabupaten Kaur, Bengkulu.

Saat memberikan sambutan, Wabup Kaur Hj Sulis Suti Sutri mengungkapkan penyelenggaraan sektor pendidikan di Kabupaten yang dipimpinnya. Menurut dia dalam rangka meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan Pemkab Kaur sudah melakukan berbagai hal antara lain konsisten mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20%. Kemudian memberikan pembekalan dan pelatihan kepada Kepala Sekolah dan guru

Baca Juga :   Apresiasi Sosialisasi APKASI-YPAN, Pemkab Kota Baru Dorong Mutu Pendidikan

“Kami juga meningkatkan kualitas dan melengkapi sarana dan prasarana sekolah, alat peraga dan bahan bacaan termasuk menyediakan perpustakaan keliling. Mendorong pemerataan pesebaran penugasan guru, mengangkat guru honorer daerah guna mengatasi kekurangan guru,” ujar dia.

Selain itu, menurut Hj Sulis Suti Sutri, Pemkab Kaur juga mendirikan sekolah yang berpihak kepada masyarakat miskin dan difabel, seperti SMP berasrama dan layanan khusus. Ditambahkan saat ini sedang menyiapkan Perda tentang kewajiban membaca Alquran guna meningkatkan iman dan taqwa, khususnya siswa dan siswi muslim.

Oleh sebab itu Wabup Kaur Hj Sulis Suti Sutri juga sangat mendukung program APKASI-YPAN yang memberikan pelatihan tentang mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris.

Pada kegiatan tersebut Staf Ahli APKASI mensosialisasikan hasil pertemuan APKASI Ministrial Forum dengan Menteri Pendidikan & Kebudayaan dan Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB) ) tentang problematika guru dan Tenaga Pendidikan yang berlangsung pada  7/12/2017 di Jakarta. Selain juga menjelaskan lebih rinci tentang  program peningkatan mutu pendidikan di daerah.

“Pendidikan sebagai pondasi karakter bangsa merupakan tanggung jawab bersama. Peningkatan Mutu Guru Daerah yang menjadi program APKASI merupakan bentuk tanggung jawab terhadap kualitas dunia pendidikan,” ujar Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, MP.

Baca Juga :   Apresiasi Sosialisasi APKASI-YPAN, Bupati Halmahera Barat : Pendidikan Itu Seperti Menanam

Diungkapkan peningkatan kompetensi guru, sangat berguna bagi pemerintah daerah. Untuk itu pihak Pemerintah Kabupaten Kaur, Bengkulu mendukung sepenuhnya program peningkatan kemampuan atau kompetensi para guru yang dilaksanakan oleh APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Yogyakarta.

“Peningkatan kompetensi guru sangat berguna bagi daerah. Sebab, jika mutu dan kompensasi guru semakin meningkat maka juga akan meningkatkan mutu pendidikan daerah setempat,” papar Himmah.

Diungkapkan oleh Himmah, bahwa program pendidikan di bidang peningkatan mutu guru yang dilaksanakan oleh APKASI ini telah melatih lebih dari 80.000  tenaga pendidik di 100  kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Pihak Pemerintah Kabupaten menyambut baik program pelatihan ini.

Hj Himmatul Hasanah, MP menambahkan sebagai mintra pemerintah kabupaten seluruh Indonesia APKASI  memiliki misi strategis bagi daerah. Misi ini dituangkan ke dalam tugas pokok dan fungsi APKASI yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, pembangunan berkelanjutan dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga :   Gandeng Bank Jatim Syariah, Apkasi-YPAN Adakan Program Umrah Character Building Bagi Guru

“Peran guru sangat penting dalam pendidikan dan harus menjadi sosok yang mencerahkan, yang membuka alam dan pikiran serta jiwa, memupuk nilai-nilai kasih sayang,  keteladanan,  prilaku, moralitas, kebhinekaan. Inilah sejatinya pendidikan berkarakter yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya,” papar Himmah.

Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah juga mengungkapkan bahwa program yang akan dilaksanakan okeh APKASI bekerja sama dengan YPAN ada tiga hal, yang diberlakukan sama pada saat pelaksanaan pelatihan di seluruh Kabupaten.

Pertama, peningkatan mutu guru di bidang matematika dan bahasa Inggris yang dikemas dengan pembelajaran menyenangkan. Kedua, program literasi. Dalam hal ini APKASI menyiapkan majalah
pendidikan yaitu Sahabat Guru, ada beberapa rubrik yang menyediakan para guru dan siswa menyalurkan ekspresi yaitu Guru Menulis, Siswa Berprestasi dan Guru Berprestasi.

“Ketiga, program peningkatan imtaq dalam program talangan umroh untuk para guru dan ASN, di mulai dengan kunjungan ke sekolah internasional dalam bentuk study banding dengan pilihan Malaysia, Singapura, China, Turki dan Jeddah,” papar Hj Himmatul Hasanah. (ris)