Beranda Berita APKASI Gandeng KPK, APKASI Cegah Korupsi Kepala Daerah

Gandeng KPK, APKASI Cegah Korupsi Kepala Daerah

183
0

SahabatGuru–Masih saja ada kepala daerah yang terjerat kasus korupsi membuat Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) sangat prihatin. Untuk itu APKASI berencana menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memberikan edukasi mendalam tentang pemberantasan korupsi bagi para kepala daerah.

Demikian salah satu materi bahasan pertemuan antara Wakil Bupati Muara Enim, Sumatera Selatan H Juarsah dengan Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, MP, Kamis (13/12/2018) di Muara Enim. Sejumlah Kepala Dinas Pemkab Muara Enim hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Kadin Pendidikan, Zubaidi.

“Masih saja ada Kepala Daerah yang tertangkap KPK, APKASI akan melakukan peran agar tidak terjadi lagi. Salah satunya kerjasama dengan KPK untuk memberikan edukasi secara mendalam,” ujar Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, MP.

Baca Juga :   Audiensi dan Sosialisasi, Bupati Sleman Apresiasi Program APKASI-YPAN

Seperti diketahui KPK telah melakukan OTT terhadap Bupati Cianjur, kemarin. Selain Bupati Cianjur ada empat orang yang terjaring pada OTT KPK tersebut. Salah satunya adalah Kepala Dinas Pendidikan setempat. KPK menjelaskan Bupati Cianjur dinilai telah menyalahgunakan jabatan dalam penggunaan dana pendidikan di Kabupaten tersebut.

Rencana kerjasama APKASI dengan KPK akan segera dilaksanakan. Mengingat masih banyak hal yang terkait dengan penggunaan anggaran di daerah yang harus dibersihkan dari praktek korupsi. Edukasi secara lebih mendalam oleh KPK terhadap para kepala daerah diharapkan bisa mencegah terulangnya kasus-kasus korupsi yang terjadi di lingkungan pemerintah daerah.(ris)