Beranda Berita APKASI Genjot Kompetensi Guru, Pemkab OKU Minta Pelatihan Matematika

Genjot Kompetensi Guru, Pemkab OKU Minta Pelatihan Matematika

316
0

SahabatGuru–Audiensi dan Sosialisasi Program Peningkatan Mutu Pendidikan di Daerah oleh APKASI mendapatkan sambutan hangat di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Rabu (12/12/2018). Pada pertemuan tersebut Pemkab OKU dan elemen pendidikan minta segera dilaksanakan pelatihan matematika untuk para guru.

Pada forum Audiensi dan Sosialisasi dihadiri langsung oleh Sekda Pemkab OKU Dr. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, Kabid PAUD, A. Zaidi, M.Si dan Kabag Tapem Priyanto Darmadi, S.Sos, MSi. Selain itu juga hadir para Kepala Sekolah SD, K3S, MKKS, Korwil Himpaudi, IGTKI dan PGRI. Dari pihak APKASI hadir adalah Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah Hj Himmatul Hasanah, MP.

“Kami berharap APKASI bisa membantu dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten OKU,” papar Dr. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi.

Baca Juga :   Audiensi APKASI-YPAN, Sekda Lombok Barat : Program Pelatihan Ini Sangat Bagus

Pada kesempatan tersebut, mengungkapkan aspirasi para peserta pertemuan, Sekda Dr. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi minta agar pelatihan dilakukan bersinergi dengan PGRI. Sinergi atau kerjasama elemen dunia pendidikan, menurut dia, akan memacu pemerataan kualitas pendidikan di tanah air.

“Jika APKASI bersinergi dengan PGRI maka pemertaan kualitas pendidikan di seluruh indonesia akan cepat tercapai. Saat ini IPM di Kabupaten OKU terbaik selama 8 tahun berturut – turut se Sumatera Selatan,” papar Dr. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi.

Pada pertemuan tersebut Staf Ahli APKASI mensosialisasikan hasil pertemuan APKASI Ministrial Forum dengan Menteri Pendidikan & Kebudayaan dan Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Menteri PAN RB) tentang problematika guru dan Tenaga Pendidikan yang berlangsung pada  7/12/2017 di Jakarta. Selain juga menjelaskan lebih rinci tentang  program peningkatan mutu pendidikan di daerah.

Baca Juga :   Bupati Batubara Harap Kualitas Para Pendidik Ditingkatkan

“Kualitas pendidikan Indonesia masih tergolong rendah. Kita menempati urutan 162 dan dari 192 negara. Untuk matematika peringkat 72 dari 82 negara. Memang secara personal anak kita sering menjuarai Olimpiade Internasional tetapi ketika di hitung kolektif secara nasional hasilnya seperti itu,” papar Himmah.

Diungkapkan peningkatan kompetensi guru, sangat berguna bagi pemerintah daerah. “Peningkatan kompetensi guru sangat berguna bagi daerah. Sebab, jika mutu dan kompensasi guru semakin meningkat maka juga akan meningkatkan mutu pendidikan daerah setempat,” papar Himmah.

Untuk itu pihaknya akan segera menindaklanjuti permintaan pelaksanaan pelatihan matematika untuk para guru-guru SD se Kabupaten OKU. Diungkapkan oleh Himmah, bahwa program pendidikan di bidang peningkatan mutu guru yang dilaksanakan oleh APKASI ini telah melatih lebih dari 80.000 tenaga pendidik di 100  kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Apkasi-YPAN Gandeng Bank NTB Syariah Adakan Umrah Character Building Bagi Guru

Dia menambahkan sebagai mitra pemerintah kabupaten seluruh Indonesia APKASI memiliki misi strategis bagi daerah. Misi ini dituangkan ke dalam tugas pokok dan fungsi APKASI yang bermuara pada terciptanya pemerataan yang nyata, pembangunan berkelanjutan dan terciptanya kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Peran guru sangat penting dalam pendidikan dan harus menjadi sosok yang mencerahkan, yang membuka alam dan pikiran serta jiwa, memupuk nilai-nilai kasih sayang,  keteladanan,  prilaku, moralitas, kebhinekaan. Inilah sejatinya pendidikan berkarakter yang menjadi inti dari pendidikan yang sesungguhnya,” papar Himmah.(ris)