Beranda Berita Membangun Kualitas SDM, Pemerintah Bangun Sekolah Berkualitas

Membangun Kualitas SDM, Pemerintah Bangun Sekolah Berkualitas

214
0
Presiden Joko Widodo bakal menaikkan anggaran di sektor pendidikan pada tahun 2019. Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019, anggaran pendidikan hampir mencapai Rp500 triliun.(foto: G. Susatyo)

SahabatGuru – Pembangunan infrastruktur memang sangat menonjol selama pemerintahan Presiden Joko Widodo. Tak sedikit tol dan jalan utama dibangun. Bahkan Surabaya dan Jakarta segera terhubung dengan tol. Di daerah-daerah, termasuk Papua, sudah dibangun jalan-jalan yang kian memudahkan transportasi dan pada akhirnya ekonomi akan terus tumbuh.

Setelah fokus pada pembangunan infrastruktur, Presiden merencanakan mengubah prioritas pembangunan. Mulai 2019, Presiden Jokowi mengubah fokus pembangunan menjadi sumber daya manusia (SDM). Kualitas SDM Indonesia akan lebih ditingkatkan.

“Mulai tahun depan strategi pembangunan akan kita geser ke pembangunan SDM,” ujar Jokowi. Hal itu sampaikan Presiden saat memberikan sambutan dalam acara Resepsi Milad Satu Abad Madrasah Muallimin Muallimaat di Yogyakarta, Kamis (6/12/2018).

Baca Juga :   UN Berbasis Kertas SMA Tinggal 9 Persen

Demi mewujudkan hal tersebut, Jokowi berencana membangun besar-besaran dan meningkatkan kualitas sekolah serta kampus di Indonesia. Hanya dengan wadah pendidikan yang berkualitas akan lahir generasi yang berkualitas pula. Dan, generasi itu merupakan SDM berkualitas yang melanjutkan pembangunan bangsa.

“Kita akan bangun besar-besaran untuk sekolah vokasi, politeknik. Kita sekolahkan mahasiswa kita sebanyak-banyaknya ke luar negeri,” tutur Presiden.

Pengembangan SDM tidak bisa ditunda lagi, mengingat Indonesia sudah masuk ke revolusi industri 4.0. Revolusi ini ditandai dengan perkembangan dunia yang tidak lepas dari internet dan teknologi informasi. Dan, revolusi tersebut menurut Jokowi sudah mengubah ekonomi, sosial budaya dan politik di dunia.

Meski terfokus pada pembangunan SDM, namun pembangunan infrastruktur tetap terus berjalan. Pembangunan infrastruktur tetap dianggap penting untuk mempersatukan bangsa dan warga Indonesia. Infrastruktur juga dapat mempercepat konektivitas dan mobilitas masyarakat dan barang, Hal ini diyakini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga :   Kado Spesial Presiden Jokowi Untuk Guru Honorer

“Sekarang sudah ada big data, visual reality. Harus diikuti kalau kita akan tertinggal dan kalah bersaing dengan negara lain,” kata Jokowi.