Beranda Berita Viral, Ahmad Haris Berenang Menyeberangi Laut Untuk Mengajar

Viral, Ahmad Haris Berenang Menyeberangi Laut Untuk Mengajar

1045
0

SahabatGuru–Video berdurasi sekitar 2.20 menit tengah viral di dunia maya. Video itu berisi perjuangan Ahmad Haris, guru Madrasah Ibtidaiyah di pulau Buaya, Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang setiap hari berenang menyeberangi lautan menuju sekolah untuk mengajar anak didiknya.

Video itu hasil liputan wartawan sebuah televisi swasta nasional yang sengaja disiarkan dalam rangka Hari Guru Nasional 2018. Video yang di unggah dalam akun media sosial televisi swasta pada Minggu (25/11/2018) itu sudah di tonton puluhan ribu warga dunia maya atau netizen.

“Saya memilih berenang karena mengejar waktu masuk sekolah. Karena kalau naik motor perahu angkutan penumpang baru jam 08.00 sampai sini (sekolah-Red),” ujar Ahmad Haris dalam video tersebut.

Baca Juga :   Guru Harus Menjadi Lokomotif Perubahan

Pulau tempat tinggal Ahmad Haris berjarak sekitar 1 mil laut dari pulau Buaya. Dia memilih berenang setiap hari menuju pulau Buaya untuk mengajar, karena selama ini tidak tersedia kapal motor yang secara reguler melayani pelayaran antara dua pulau itu.

Hebatnya, dia berenang mengarungi laut menuju tempat kerja mengabdi sebagai guru sejak 2002, saat awal menjadi guru. Sehingga jika dihitung, Ahmad Haris sudah sekitar 15 tahun lebih setiap hari berenang menuju tempat bekerja sebagai guru.

Seperti terlihat dalam video tersebut Ahmad Haris sebenarnya mengenakan seragam sebagai guru saat berangkat dari rumah. Namun setelah sampai pantai, dia melepas baju seragam dan dimasukkan dalam sebuah tas. Sesaat kemudian dia menuju air laut dan memulai berenang.

Baca Juga :   Aturan Guru Honorer Segera Dituntaskan

Ahmad Haris berenang mengandalkan salah satu tangannya. Sebab, satu tangan lain digunakan memegangi tas agar tetap berada diatas permukaan air laut agar tidak basah. Setelah sampai di pantai pulau Buaya, Ahmad Haris kembali mengenakan baju seragam untuk selanjutnya berjalan menuju sekolah tempat dia mengajar.(ris)