Beranda Berita Jawa Timur Juara Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP

Jawa Timur Juara Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP

485
0
Jawa Timur tampil sebagai juara pada gelaran pertama Gala Siswa Indonesia tingkat SMP. Di final, Sabtu (20/10/2018), Jatim mengalahkan Banten lewat adu penalti. (foto: Kemdikbud)

SahabatGuru – Jawa Timur tampil sebagai juara Sepak Bola Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP Tingkat Nasional. Pada laga final yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, Sabtu (20/10/2018), Jatim menaklukkan Banten 4-3 lewat drama adu penalti.

Laga diakhiri dengan adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0. Lewat tos-tosan itu, Jatim menjadi yang terbaik. Sedangkan Jawa Tengah menduduki peringkat ketiga. Dalam perebutan posisi itu, Jateng mengalahkan DKI Jakarta 3-0.

Tampil sebagai juara, Jatim berhak atas hadiah sebesar Rp150 juta. Sedangkan Banten yang menjadi runner up mendapatkan hadiah Rp100 juta. Peringkat tiga mengantungi hadiah Rp50 juta dan peringkat empat mendapat Rp25 juta.

Baca Juga :   Juara GSI 2018, Dari Sepak Bola Bisa Belajar Sportivitas dan Fair Play

Tak hanya mendapatkan penghargaan, Jatim sebagai tim juara akan dikirim ke Italia. Mereka akan mendapat pelatihan dari klub elite Seri A, Juventus.

“Selamat kepada para pemenang. Kalian semua adalah juara. Alhamdulillah, segala puji dan syukur atas prestasi para siswa Indonesia yang memperlihatkan talentanya di bidang sepak bola pada ajang kompetisi perdana ini,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy pada penutupan GSI, Sabtu lalu.

Kiper tim Jawa Timur Aprilius Amanah Bentriska saat tampil dalam adu penalti di final Gala Siswa Indonesia melawan Banten. (foto: Kemdikbud)

Kompetisi Gala Siswa merupakan langkah nyata menuju percepatan pembangunan sepak bola nasional. Mendikbud berharap GSI bisa menjadi momentum kebangkitan sepak bola nasional. Pasalnya pemain usia muda sudah mendapat pembinaan melalui kompetisi dari tingkat kabupaten sampai nasional.

Baca Juga :   Dipastikan, SKTM tak Berlaku Lagi di Tahun Ajaran Baru

“Ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional. GSI ini harus menjadi momentum kebangkitan persepakbolaan yang berujung pada tercapainya kejayaan sepak bola nasional yang menjadi mimpi masyarakat Indonesia,” terang Mendikbud seperti dikutip Kemdikbud.go.id.

Tahun ini, kompetisi GSI memang merupakan yang pertama. Meski demikian Mendikbud berharap kompetisi digelar secara rutin setiap tahun.

“Di tahun mendatang, penyelenggaraan GSI bisa lebih meriah, terorganisir, dan berprestasi. Saya berharap akan lahir bibir-bibit unggul dalam persepakbolaan nasional melalui GSI. Jadi para pemain harus memegang teguh sportivitas, pantang menyerah, tahan banting, kerja keras, jujur, dan respek. Jadilah yang terbaik untuk Indonesia,” pesan Mendikbud.

Facebook Comments

Komentar