Beranda Kabupaten Siap Tes SKD CPNS 2018? Ini Kisi-Kisinya

Siap Tes SKD CPNS 2018? Ini Kisi-Kisinya

239
0
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi CPNS. (foto: liputan6.com)

SahabatGuru – Tinggal hitungan hari bagi peserta seleksi CPNS untuk mengikuti tes atau D-Day. Rencananya, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan antara 26 Oktober-7 November 2018.

Seperti diketahui, proses seleksi CPNS 2018 sudah melewat proses pendaftaran yang ditutup pada Senin (15/10/2018). Selanjutnya akan diumumkan para peserta yang lolos seleksi administrasi. Hasil seleksi itu rencananya diumumkan maksimal 21 Oktober 2018.

Apakah para peserta sudah mempersiapkan diri menghadapi tes? Tak sedikit soal yang harus dijawab oleh peserta. Setiap peserta harus mengerjakan 100 soal tes CPNS 2018. Dan, soal itu diacak sehingga dalam satu ruangan peserta bisa mendapatkan materu yang berbeda-beda.

Agar terfokus pada persiapan tes, peserta setidaknya perlu tahu apa yang menjadi bahan ujian. Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencoba memberi sedikit kisi-kisi kepada pelamar CPNS 2018.

Baca Juga :   Catat Tanggalnya, Pengumuman Peserta CPNS Yang Lulus Seleksi Administrasi

Lewat akun Twitter resmi @BKNgoid, disebutkan para pelamar yang telah lulus verifikasi administrasi bakal masuk ke tahap selanjutnya, yakni tes SKD. Dalam SKD terdapat tiga aspek yang akan diuji, antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Untuk TWK, pelamar diuji penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan, seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri PAN RB Nomor 36 Tahun 2018, antara lain Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, sampai Bahasa Indonesia.

NKRI ini mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global. Sedangkan Bahasa Indonesia melihat bagaimana kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Baca Juga :   Ada Seruan Guru Honorer Mogok Masal, Ini Yang Dilakukan Disdik Bandung

Ada 35 soal yang harus dijawab. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

Sedangkan TIU dalam SKD dibuat untuk mengukur seberapa cakap pelamar dalam hal logika, verbal, figural dan analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru, hingga kemampuan numerik.

Dengan jumlah soal sebanyak 30, peserta harus memiliki kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Untuk kemampuan numerik, peserta punya kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5. Bila salah, peserta mendapat nilai nol (0).

Baca Juga :   Minta Guru Mengajar yang Menyenangkan, Ini Penjelasan Sekda Lombok Barat

Terakhir, TKP yang bertujuan melihat kemampuan pelamar CPNS 2018 beradaptasi, bekerja secara tim, kemampuan IT, pelayanan, karakter, integritas, dan kemampuan menahan sebaran hoax dan yang berkaitan dengan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

Adapun nilai lain yang akan diujikan dalam TKP, yakni profesionalisme, semangat berprestasi, orientasi kepada orang lain, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, serta kemauan/kemampuan belajar dan berkelanjutan.

Ada 35 soal yang harus diselesaikan. Berbeda dengan soal TWK dan TIU, nilai untuk TKP terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Karena itu, peserta diimbau menjawab semua soal TKP.

Facebook Comments

Komentar