Beranda Berita Presiden Joko Widodo Beri Beasiswa Kepada Mahasiswa Korban Gempa Lombok

Presiden Joko Widodo Beri Beasiswa Kepada Mahasiswa Korban Gempa Lombok

259
0
Presiden Joko Widodo menyerahkan beasiswa kepada 5.144 mahasiswa yang terdampak gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (foto: Okezone)

SahabatGuru – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa yang terdampak gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ada 5.144 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari Jokowi.

Penyerahan beasiswa digelar di halaman luar Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok Tengah, NTB, Kamis (18/10/2018). Ada tujuh mahasiswa yang mendapatkan kesempatan menerima langsung beasiswa dari Kepala Negara.

Berbekal beasiswa tersebut, para mahasiswa bisa menyelesaikan kuliahnya. Dengan begitu, tidak ada lagi alasan untuk menunda perkuliahan.

“Selamat belajar. Jangan sampai, dengan alasan gempa, saudara-saudara nggak belajar. Tetap harus belajar. Saya titip ini,” kata Jokowi.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan beasiswa tersebut diberikan melalui skema bidik misi dan peningkatan prestasi akademik (PPA). Dengan rincian, sebanyak 2.195 mahasiswa untuk skema bidik misi dan 2.949 mahasiswa untuk PPA.

Baca Juga :   Pelatihan Bahasa Inggris Profesional Digelar di Kementerian Agama

Mahasiswa penerima beasiswa kuliah di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Termasuk mereka yang kuliah di Universitas Mataram, NTB.

“Dari komposisi tempat studi, ada 4.275 mahasiswa yang studi di Unram, 34 PTS di NTB, dan 869 mahasiswa yang sedang studi di luar NTB dari 74 PTN atau PTS di Indonesia,” ujar Ahmad.

Menurut Ahmad, beasiswa pendidikan juga akan diberikan untuk mahasiswa korban bencana di daerah lain. Rencananya, mahasiswa yang terdampak tsunami di Palu juga akan mendapatkan beasiswa.

“Kemenristekdikti juga akan memberikan bantuan serupa untuk mahasiswa korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu,” jelasnya.