Beranda Berita Hampir 13 Ribu Guru Honorer K2 Layak Tes CPNS

Hampir 13 Ribu Guru Honorer K2 Layak Tes CPNS

219
0
Rencana memberdayakan pensiunan guru untuk mengatasi kekurangan tenaga pengajar belum tentu bisa dilaksanakan karena para pensiunan mungkin kurang tertarik untuk kembali mengajar. Sebuah ilustrasi guru saat mengikuti upacara. (foto: G. Susatyo)

SahabatGuru – Ribuan guru honorer sudah menyelesaikan pendaftaran dan diverifikasi untuk mengikuti tes CPNS. Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) KemenPAN-RB Mudzakir memastikan ada 13.347 honorer Kategori 2 (K2) yang sudah masuk data base Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Berdasarkan verifikasi yang dilakukan, mereka berusia di bawah 35 tahun. Dari jumlah tersebut, mereka yang bekerja sebagai guru ada 12.883 orang. Sedangkan sisanya adalah tenaga kesehatan yaitu sebesar 464 pendaftar.

“Semua data itu valid. Jadi tidak benar bila tidak valid. Penetapan 13.347 itu sudah melalui verifikasi validasi (verval). Jadi, tidak mungkin dapat angka itu kalau tidak melalui verval,” ucap Mudzakir.

Menurut dia, jumlah total honorer K2 yang masuk data base BKN sebanyak 438.590 orang. Mereka terdiri dari guru, dosen, penyuluh, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya. Dari jumlah itu, hanya 13.347 honorer K2 yang bisa ikut tes CPNS karena berusia di bawah 35 tahun.

Baca Juga :   CPNS Kemendikbud 2018, Absen Tes Wawancara Tidak Berarti Gugur