Beranda Berita Kemendikbud Dorong Pelajar SMK Berprestasi di Olahraga

Kemendikbud Dorong Pelajar SMK Berprestasi di Olahraga

217
0

SahabatGuru – Kementerian Pendidikan dan kebudayaan terus mendorong atlet-atlet pelajar dari jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa berprestasi di dunia olahraga. Terlebih saat ini SMK sudah diikutsertakan pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN).

“Cabang karate ini sudah ketiga kalinya digelar di ajang O2SN untuk SMK. Dan itu terus kami dorong agar melahirkan atlet-atlet pelajarberprestasi dari SMK,” ujar Direktur Pembinaan SMK pada Kemendikbud M. Bakrun di Yogyakarta, Kamis (20/9/2018).

Bentuk dorongan yang dilakukan Kemendikbud yakni dengan cara terus mencarikan cabang-cabang olahraga yang populer di masyarakat dimana ada setiap provinsi memiliki atlet pelajar SMK di cabang tersebut.

“Sudah ada pencak silat, bulutangkis, renang dan karate. Kami berharap bisa terus bertambah karena kami memilih cabang olahraga yang ada di setiap daerah,” kata dia.

Baca Juga :   Rembuk Nasional 2019, Dari PAUD Sampai Zonasi

Sekretaris Pengurus Besar (PB) Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) Maxi Pauran mendukung sepenuhnya langkah Kemendikbud.Pauran mengungkapkan FORKI mendorong agar para atlet pelajar dari tingkat SMK bisa berlaga di kejuaraan-kejuaraan olahraga internasional.

“Kami terus mendorong Kemendiknas agar memperjuangkan atlet pelajar SMK bisa ikut kejuaran internasional seperti yang sudah dilakukan atlet pelajar dari jenjang SD, SMP dan SMA,” ujar Pauran.

Berlangsung sejak 16 hingga 22 September, O2SN 2018 berlangsung di DIY dengan lima cabor yakni atletik, bulutangkis, pencak silat, karate dan renang. Melibatkan siswa-siswi di lima jenjang pendidikan yakni SD, SMP, SMA, SMK dan jenjang PKLK (Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus) se-34 provinsi. Diikuti 1.938 atlet pelajar, total ada 138 emas yang diperebutkan. Termasuk juga 138 perak dan 172 perunggu.

Facebook Comments

Komentar